KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI EUPHORBIA

Artikel tentang tanaman euphorbia ini akan menjelaskan ciri ciri euphorbia lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman euphorbia (klasifikasi dan deskripsi euphorbia).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Euphorbia

Tanaman euphorbia adalah tanaman yang berasal dari famili Euphorbiaceae dan tersebar di daerah iklim tropis. Tanaman euphorbia ini mempunyai sifat yang seperti kaktus yang menyukai sinar matahari dan sukulen (mengandung banyak air). Tanaman euphorbia ini akan menampakan bunga yan semarak jika ditempatkan di lokasi yang terbuka dan penyinaran matahari penuh. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi euphorbia :


Klasifikasi Tanaman Euphorbia

Apa klasifikasi ilmiah euphorbia ?


Tercatata ada lebih dari 2000 spesies euphorbia. Klasifikasi tumbuhan euphorbia adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Euphorbia L.

Tabel : klasifikasi euphorbia sp


Morfologi Tanaman Euphorbia

Apa ciri ciri morfologi euphorbia / ciri ciri tumbuhan euphorbia ?


Ciri khusus euphorbia / ciri khas euphorbia & struktur morfologi euphorbia yaitu :

Morfologi Akar Euphorbia

Tanaman euphorbia memiliki sistem perakaran tunggang, dan tanaman yang diperbanyak secara vegetatif (stek) mempunyai akar serabut. Organ akar ini tumbuh langsung dari pangkal batang. Akar tanaman euphorbia yang dalam kondisi sehat berwarna putih kecokelatan.

Morfologi Batang Euphorbia

Tanaman euphorbia memiliki dua jenis batang, yaitu ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk bersudut. Batang euphorbia ini tumbuh tegak tinggi ke atas, dan ada beberapa spesies yang tumbuh melengkung.

Tanaman euphorbia tidak berkayu, tetapi batang akan mengeras seiring bertambahnya umur tanaman. Batang tanaman euphorbia ini ditumbuhi duri yang bermacam-macam, mulai dari duri tunggal, ganda dan duri berkelompok.

Morfologi Daun Euphorbia

Tanaman euphorbia memiliki bentuk yang bermacam-macam mulai dari bentuk bulat oval, lonjong dan jorong, serta masing-masing daun mempunyai ketebalan yang berbeda. Daun euphorbia tidak bertangkai, melainkan duduk langsung pada batang.

Tepi daun euphorbia tidak bergerigi serta ujung daunnya bermacam-macam, mulai dari runcing, tumpul dan ujung terbelah. Letak susunan daun eubphorbia selang seling atau berhadap-hadapan. Tulang daunnya menonjol, terutama tulang daun bagian tengah yang keras.

Morfologi Bunga Euphorbia

Tanaman euphorbia memiliki bunga yang berbentuk dompolan yang tiap dompolnya terdiri dari sekitar 4 sampai 32 kuntum. Bunga euphorbia terdiri dari mahkota bunga semu, benang sari, putik dan bakal buah.

Mahkota bunga euphorbia disebut mahkota bunga semua karena sebanarnya, yang kita anggap mahkota bunga adalah seludang bunga yang mengalami modifikasi sehingga mirip mahkota. Tanaman euphorbia mempunyai bunga sejati sempurna dengan bunga jantan dan betina yang lengkap, tetapi, terdapat juga euphorbia yang mempunyai bunga tidak sempurna.

Morfologi Buah Euphorbia

Tanaman euphorbia mempunyai buah yang berbentuk seperti kapsul. Buah ini tersusun membentuk suatu dompolan yang terdiri dari sekitar 3 sampai 4 buah. Buah euphorbia terletak di ujung tangkai bunga. Buah yang masih muda berwarna hijau dan buah tua berwarna cokelat.

Morfologi Biji Euphorbia

Tanaman euphorbia memiliki biji yang berbentuk bulat dan berwarna cokelat tua. Biji ini terletak di dalam buah dan berdiameter sekitar 0,3 sampai 0,5 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan euphorbia secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri-ciri tanaman hias euphorbia ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman ekor kucing :)