KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI GINSENG

Artikel tentang tanaman ginseng ini akan menjelaskan ciri ciri ginseng lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ginseng (klasifikasi dan deskripsi ginseng).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ginseng

Tanaman ginseng aalah tanaman perdu yang memiliki tinggi mencapai 0,1 sampai 0,5 meter. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang basah. Tanaman ini sering ditemukan di negara Cina, Rusia, dan Korea. Tanaman ginseng bisa hidup lebih dari 100 tahun.

Tanaman ginseng diketahui terkandung zat zat aktif yang dapat membantu proses penyembuhan dengan cara membentuk antibody tertentu. Zat zat ini juga melancarkan pembentukan hormon dengan cara melebarkan saluran pembuluh darah. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ginseng :


Klasifikasi Tanaman Ginseng

Apa klasifikasi ilmiah ginseng ?


Nama ilmiah ginseng atau nama latin ginseng adalah Panax ginseng. Klasifikasi tumbuhan ginseng adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Apiales
FAMILI : Araliaceae
GENUS : Panax L
SPESIES : Panax ginseng C.A. Mey.

Tabel : klasifikasi ginseng Cina


Morfologi Tanaman Ginseng

Apa ciri ciri morfologi ginseng / ciri ciri tumbuhan ginseng ?


Ciri khusus ginseng / ciri khas ginseng & struktur morfologi ginseng yaitu :

Morfologi Akar Ginseng

Akar ginseng menggembung dan bentuknya menyerupai boneka. Akar ginseng ini berukuran panjang, fungsinya yaitu untuk menyimpan cadangan makanan serta bahan aktif lainnya. Akar ginseng kurus dan terkadang menyerupai tubuh manusia bentuknya.

Akar ginseng memiliki rasa yang manis kemudian pahit. Ginseng sering digunakan untuk berbagai pengobatan, akar tanaman ini berkhasiat meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu tahap pemulihan dari penyakit.

Morfologi Batang Ginseng

Tanaman ginseng adalah tanaman herba yang berumur menahun dan bisa tumbuh mencapai tinggi 70 sampai 80 cm. Batang ginseng berbentuk bundar, bercabang cabang di bagian bawah, mengeras pada pangkalnya dan berwarna merah keunguan.

Pertumbuhan tanaman ginseng sangat lambat sekali, saat tanaman ginsneg berumur 5 tahun, tanaman baru mulai memiliki cabang dan berbatang dua, cabang-cabang itu muncul langsung dari tanah.

Morfologi Daun Ginseng

Daun tanaman ginseng adalah daun tunggal dan berbentuk bulat oval. Tepi daunnya bergerigi atau merata dan pertulangan daun menyirip. Daun tanaman ginseng ini berwarna hijau gelap dan di setiap tangkainya terdiri dari 5 daun muda.

Morfologi Bunga dan Buah Ginseng

Bunga ginseng merupakan bunga majemuk yang berbentuk malai dan muncul di ujung pangkal daun. Mahkota berlekuk lima, berbentuk bulat oval dengan panjang 3 sampai 4 mm. Benang sari berjumlah lima sampai lima belas, tangkai bercabang, serta berwarna merah keunguan. Tanaman ginseng memiliki buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah kecokelatan atau kuning. Bijinya berbentuk pipih, kecil, dan berwarna hitam.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ginseng secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ginseng ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi gandum :)