KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI GLODOKAN

Artikel tentang tanaman glodokan ini akan menjelaskan ciri ciri glodokan lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman glodokan (klasifikasi dan deskripsi glodokan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Glodokan

Tanaman glodokan adalah tanaman berupa pohon yang termasuk jenis pohon evergreen dan berasal dari wilayah India. Disebut sebagai pohon evergreen, karena tanaman ini bisa tumbuh baik walaupun lingkungan tempat ia hidup mengalami perubahan cuaca atau iklim. Tanaman glodokan ini tumbuh tegak lurus ke atas dengan tinggi yang bisa mencapai 30 hingga 35 meter.

Tanaman glodokan ini termasuk tanaman yang populer dan digemari di Indonesia karena tampilan pohonnya yang menarik. Selain itu, tanaman glodokan juga sering dijadikan sebagai penghias dan pagar hidup. Pohon glodokan bisa menyerap polusi sedang, cocok ditanam di trotoar perkotaan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi glodokan :


Klasifikasi Tanaman Glodokan

Apa klasifikasi ilmiah glodokan ?


Nama ilmiah glodokan atau nama latin glodokan adalah Polyalthia longifolia. Klasifikasi tumbuhan glodokan adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Magnoliales
Famili : Annonaceae
Genus : Polyalthia
Spesies : Polyalthia longifolia

Tabel : klasifikasi glodokan


Morfologi Tanaman Glodokan

Apa ciri ciri morfologi glodokan / ciri ciri tumbuhan glodokan ?


Ciri khusus glodokan / ciri khas glodokan & struktur morfologi glodokan yaitu :

Morfologi Akar Glodokan

Tanaman glodokan memiliki akar yang berukuran besar dan menembus ke dalam tanah (tidak dangkal). Meskipun begitu, akar glodokan ini tidak menjalar secara ekstensif, sehingga tidak menganggu bangunan di sekitarnya. Dengan sifat seperti ini, maka pohon glodokan sering digunakan sebagai pohon peneduh jalan di perkotaan.

Morfologi Batang Glodokan

Tanaman glodokan mempunyai batang yang kuat dan kokoh. Tetapi, jika pohon glodokan ini tidak dirawat dan tidak sehat, makan akan muncul sarang semut di bagian batangnya yang bisa membuat batang terkelupas dan rusak. Pohon glodokan bisa tumbuh mencapai ketinggian hingga 5 sampai 8 meter. Tanaman ini berbentuk seperti piramida yang mengkerucut ke atas.

Morfologi Daun Glodokan

Tanaman glodokan mempunyai daun yang berbentuk lanset dan memanjang. Bagian tepi daun glodokan ini bergelombang serta pertulangan daun menyirip. Warna daun glodokan yaitu hijau. Daun tanaman glodokan ini sering digunakan sebagai ornamen penghias dalam suatu acara atau festival.

Morfologi Bunga Glodokan

Tanaman glodokan mempunyai bunga yang berukuran kecil kecil dan berwarna kuning kehijauan. Bunga glodokan ini muncul dari bagian ketiak daun. Bentuk perbungaan tanaman glodokan seperti payung serta pangkal dan mahkota berdekatan membentuk corong, warnanya putih.

Putik berukuran panjang dan berwarna ungu sedangkan kepala sari berwarna jingga. Tanaman glodokan juga memiliki buah berjenis buah buni yang berbentuk bulat memanjang, bulat oval atau lonjong.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan glodokan secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman glodokan ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi ginseng :)