KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI ILALANG

Artikel tentang tumbuhan ilalang ini akan menjelaskan ciri ciri ilalang lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ilalang (klasifikasi dan deskripsi ilalang).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ilalang

Tanaman ilalang adalah tanaman terna berjenis rumput-rumputam yang berumur panjang atau parenial. Tanaman ini bisa tumbuh sampai ketinggian kira kira 30 sampai 180 cm, bertunas panjang dan bersisik dengan pucuknya yang meruncing seperti duri. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ilalang :


Klasifikasi Tanaman Ilalang

Apa klasifikasi ilmiah ilalang ?


Nama ilmiah ilalang atau nama latin ilalang adalah Imperata cylindrica (L.) Raeusch. Klasifikasi tumbuhan ilalang adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Poales
FAMILI : Poaceae
GENUS : Imperata Cirillo
SPESIES : Imperata cylindrica (L.) Raeusch.

Tabel : klasifikasi ilalang


Morfologi Tanaman Ilalang

Apa ciri ciri morfologi ilalang / ciri ciri tumbuhan ilalang ?


Ciri khusus ilalang / ciri khas ilalang & struktur morfologi ilalang yaitu :

Morfologi Akar Ilalang

Akar tanaman ilalang adalah akar rimpang yang menjalar, dan berbuku-buku. Akar ini keras dan liat serta warnanya putih.

Morfologi Batang Ilalang

Batang ilalang berukuran pendek dan menjulang naik. Tingginya berukuran 0,2 sampai 1,5 meter. Batangnya berbentuk silinder dengan diameter 2 sampai 3 mm dan beruas-ruas. Di bagian ujung batang akan tumbuh tunas baru.

Lidah lidah atau ligula di batas pelepah dan helaian daun tampak jelas. Rumpun ilalang tumbuh tegak dan tidak bercabang, dan umumnya ada bulu di setiap buku-bukunya.

Morfologi Daun Ilalang

Daun tanaman ilalang termasuk daun tidak lengkap. Helaian daun ilalanga berbentuk garis memanjang, seperti pita, lanset dan berujung runcing. Pangkal daunnya berambut panjang dan menyempit berbentuk talang. Panjang daun ilalang sekitar 12 sampai 80 cm, bagian tepi daunnya sangat kasar dan tajam.

Tulang daun lebar dan sejajar serta pucat di bagian tengahnya. Daun ilalang berwarna hijau yang berdaging tipis seperti kertas. Upih daun berwarna putih keungu-unguan.

Morfologi Bunga Ilalang

Bunga tanaman ilalang merupakan bunga majemuk, terbentuk dalam malai yang panjangnya sekitar 6 sampai 28 cm dengan anak bulir berambut panjang. Perbungaan ilalang berupa bulir majemuk yang berbentuk silinder dan termasuk golongan bunga hermaprodit.

Letak bunganya bersusun. Di bagian atas terdapat bunga sempurna dan di bagian bawah adalah bunga mandul. Panjang anak bulir kira-kira 3 sampai 4 mm dan pada pangkalnya terdapat rambut halus yang panjang dan padat serta berwarna putih.

Morfologi Buah Ilalang

Buah tanaman ilalang adalah buah berjenis bulir, berupa bulir bulir kecil yang bertangkai pendek dan berpasang pasangan pada ujung sumbu malai. Buah ilalang yang telah masak berwarna cokelat. Biji ilalang jarang, panjangnya kira-kira 1 mm dan berwarna cokelat tua. Bentuk bijinya yaitu jorong.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ilalang secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ilalang ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi glodokan :)