KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JAMBU AIR

Artikel tentang jambu air ini akan menjelaskan ciri ciri jambu air lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jambu air (klasifikasi dan deskripsi jambu air).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jambu Air

Jambu air adalah tanaman yang berasal dari Indonesia, lalu menyebar ke Malaysia dan pulau-pulau di samudera pasifik. Buah jambu air sering dimanfaatkan sebagai buah yang disediakan di meja, dikonsumsi secara langsung atau diolah untuk dijadikan aneka rujak.

Tanaman jambu air atau Water Apple dalam Bahasa Inggris, mempunyai sifat yang adaptif terhadap lingkungan beriklim tropis, tumbuh baik di dataran yang tak lebih dari 1000 meter di bawah permukaan laut. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi jambu air :


Klasifikasi Tanaman Jambu Air

Apa klasifikasi ilmiah jambu air ?


Klasifikasi tumbuhan jambu air dan nama ilmiah jambu air adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Spermatophyta
SUB DIVISI : Angiospermae
KELAS : Dycotyledoneae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Myrtaceae
GENUS : Syzygium
SPESIES : Eguenia aquea

Tabel : klasifikasi jambu air


Morfologi Tanaman Jambu Air

Apa ciri ciri morfologi jambu air / ciri ciri tumbuhan jambu air ?


Ciri khusus jambu air / ciri khas jambu air :

Morfologi tanaman jambu air terdiri dari organ-organ tanaman seperti akar (radix), batang (caulis), daun (folium), bunga, buah, dan biji. Sistem perakaran tanaman jambu air adalah perakaran tunggang, kuat dan keras, dan berwarna kecokelatan.

Morfologi Batang Jambu Air

Batang tanaman jambu air merupakan batang berkayu (lignosus), strukturnya kuat dan keras, tekstur permukaan kayu kasar, dan berwarna cokelat muda berbercak coklat. Arah tumbuh batang jambu air yaitu tegak luruk (erektus).

Morfologi Daun Jambu Air

Daun pada tanaman jambu air termasuk ke dalam jenis daun tunggal. Letaknya tersebar di cabang-cabang dan ranting-ranting pohon, bentuk dasar daunnya melonjong dengan bagian tepi daun yang rata. Ujung daun menumpul, dan bagian pangkalnya membulat, bahkan kadang pangkal daun memeluk batang.

Panjang daun sekitar 15 – 20 cm dan lebar antara 5 – 7 cm. Pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau. Daun jambu air adalah daun yang tidak lengkap, karena hanya terdiri dari tangkai daun dan helaian daun saja. Daging daun seperti perkamen dan permukaan daun mengkilap.

Morfologi Bunga Jambu Air

Bunga jambu air adalah bunga majemuk, bentuknya seperti karang, terletak di ketiak daun dan kelopak bunganya berbentuk corong. Warna bunga hijau kekuningan, benang sarinya berukuran kurang lebih 3,5 cm, berwarna putih dan terdapat lebih dari 20 benang sari. Ukuran putiknya kira-kira 5 cm dan berwarna hijau pucat. Bunga jambu air termasuk bunga lengkap.

Morfologi Buah Jambu Air

Buah jambu air berbentuk seperti lonceng atau gangsing dengan panjang kira-kira 3 sampai 5 cm. Ketika masih muda berwarna hijau kekuningan dan memerah setelah tua. Kulit buah berwarna merah dan tipis, termasuk buah sejati tunggal berdaging. Biji buah jambu air berbentuk seperti ginjal dan berdiameter 1,5 cm, berwarna putih kecokelatan dengan selaput putih sebagai kulit bijinya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jambu air secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jambu air ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi jahe :)