KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JAMBU BIJI

Artikel tentang jambu biji ini akan menjelaskan ciri ciri jambu biji lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jambu biji (klasifikasi dan deskripsi jambu biji).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jambu Biji

Jambu biji (Psidium guajava L.), siapa yang ga kenal sama tanaman satu ini? Berasal dari daerah tropis Amerika dan tumbuh pada tanah gembur maupun liat, buah dari tanaman ini begitu menyegarkan ketika dikonsumsi. Sekarang, tanaman yang berbunga sepanjang tahun ini sudah menyebar ke seluruh dunia, terutama di daerah tropis.

Diperkirakan ada sekitar 150 spesies jambu biji yang menyebar ke daerah tropis dan berhawa sejuk. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi jambu biji (psidium guajava) :


Klasifikasi Tanaman Jambu Biji

Apa klasifikasi ilmiah jambu biji ?


Klasifikasi tumbuhan jambu biji / nama ilmiah jambu biji adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Spermatophyta
SUB DIVISI : Angiospermae
KELAS : Dycotyledoneae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Myrtaceae
GENUS : Psidium
SPESIES : Psidium guajava L.

Tabel : klasifikasi jambu biji

Morfologi Tanaman Jambu Biji

Apa ciri ciri morfologi jambu biji / ciri ciri tumbuhan jambu biji ?


Ciri khusus jambu biji / ciri khas jambu biji :

Tanaman yang dapat ditemukan di ketinggian 1-1200 m di bawah permukaan laut ini termasuk ke dalam jenis perdu atau pohon kecil dengan tingginya kira-kira 2-10 m, percabangan banyak. Batangnya berkayu dan keras, kulit batang licin, mengelupas, berwarna cokelat kehijauan.

Morfologi Daun Jambu Biji

Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan, daun yang muda berambut halus, dan permukaan atas daun tua licin. Tanaman ini sangat adaptif dan mampu tumbuh tanpa perawatan.

Daun jambu biji termasuk daun tidak lengkap, karena daunnya hanya terdiri dari tangkai (Petiolus) dan helaian (Lamina) saja yang disebut daun bertangkai. Bagian terlebar daun jambu biji terletak ditengah-tengah dan memilik bagian jorong. Daun jambu biji mempunyai tulang daun yang menyirip, artinya daun ini memiliki tulang ‘punggung’ yang membentang dari pangkal sampai ke ujung daun, dan merupakan terusan tangkai daun, sehingga susunannya mengingatkan kita pada susunan sirip ikan.

Ujung daun jambu biji tumpul, dan biasanya warna daun bagian atas tampak lebih hijau dibandingkan dengan sisi bagian bawah daun. Tangkai daun berbentuk selindris dan tidak menebal pada bagian tangkainya.

Morfologi Buah Jambu Biji

Buah tanaman jambu biji berbentuk bulat, ukurannya kurang lebih seperti bola tenis, ada juga jambu biji yang berbentuk bulat telur, berwarna hijau sampai hijau kekuningan. Daging buahnya tebal, buah yang sudah matang bertekstur lunak, berwarna putih kekuningan atau merah jambu. Biji-bijinya banyak berkumpul di tengah, ukurannya kecil-kecil, keras, dan berwarna kuning kecoklatan.

Selain buahnya yang menyegarkan, mengandung anitoksidan dan kaya akan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tumbuh, daun jambu biji juga banyak mengandung khasiat-khasiat lainnya seperti astringen (pengelat), antidiare, anti radang, penghenti perdarahan (homeostatis) dan peluruh haid.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jambu biji secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jambu biji ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi jambu air :)