KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JARAK PAGAR

Artikel tentang jarak pagar ini akan menjelaskan ciri ciri jarak pagar lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jarak pagar (klasifikasi dan deskripsi jarak pagar).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jarak Pagar

Mungkin kita masih asing dengan tanaman Jarak pagar (Jatropha curcas L.) ini, padahal tanaman ini mempunyai banyak manfaat. Tanaman ini sering dikenal sebagai tanaman obat dan penghasil minyak lampu, bahkan saat penjajahan Jepang, minyak dari tanaman jarak pagar diolah sebagai bahan bakar pesawat terbang.

Tanaman jarak pagar sangat potensial menghasilkan minyak nabati yang selanjutnya dapat diolah menjadi bahan bakar minyak pengganti minyak bumi. Jadi, tanaman ini sangat menjanjikan untuk masa depan manusia ditengah krisis energi dan bahan bakar minyak bumi yang mempunyai batasnya. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi jarak pagar  :


Klasifikasi Tanaman Jarak Pagar

Apa klasifikasi ilmiah jarak pagar ?


Klasifikasi tumbuhan jarak pagar / nama ilmiah jarak pagar adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Jatropha L.
SPESIES : Jatropha curcas L.

Tabel : klasifikasi jarak pagar


Morfologi Tanaman Jarak Pagar

Apa ciri ciri morfologi jarak pagar / ciri ciri tumbuhan jarak pagar ?


Berikut ciri khusus jarak pagar / ciri khas jarak pagar :

Morfologi Daun Jarak Pagar

Tanaman jarak pagar adalah perdu dengan tinggi yang bisa mencapai 1 – 7 meter. Morfologi daun jarak pagar yaitu berbentuk daun tunggal berlekuk dan bersudut 3 atau 5. Daunnya melebar dan berbentuk seperti bulat telur dengan panjang sekitar 5 – 15 cm. Tulang daunnya menjari, dan daunnya dihubungkan oleh tangkai daun yang berukuran 4 – 15 cm.

Morfologi Bunga Jarak Pagar

Bunga tanaman jarak pagar adalah bunga majemuk yang berbentuk malai dan berwarna kuning kehijauan, berkelamin tunggal dan berumah satu (putik dan benang sari dalam satu tanaman). Bunganya terdiri dari 5 kelopak berbentuk bulat oval yang panjangnya kurang lebih 4 mm.

Benang sari mengumpul pada pangkal dan berwarna kuning. Tangkai putik pendek berwarna hijau dan kepala putik melengkung keluar berwarna kuning.

Morfologi bunga jarak pagar juga mempunyai 5 mahkota dan berwarna keunguan. Setiap tandan terdapat lebih dari 15 bunga dengan proporsi bunga betina lebih banyak 4 – 5 kali dari bunga jantan. Bunga jantan atau bunga betina tersusun dalam rangkaian yang berbentuk cawan, tumbuh di ujung batang atau ketiak daun.

Jarak pagar termasuk ke dalam golongan tanaman monoecious dan bunganya uniseksual, tetapi kadang muncul bunga hermaprodit yang berwarna hijau kekuningan.

Deskripsi Buah Jarak Pagar

Morfologi buah jarak berbentuk bulat telur dengan diameter kira-kira 2 – 4 cm. Panjang buahnya 2 cm dengan lebar sekitar 1 cm. buah berwarna hijau ketika muda serta kecokelatan hingga kehitaman ketika matang. Buah jarak memiliki tiga ruang, masing-masing ruang memiliki 1 biji sehingga dalam setiap buah jarak pagar terdapat 3 biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jarak pagar secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jarak pagar ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi jambu biji :)