KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JERUK NIPIS

Artikel tentang jeruk nipis ini akan menjelaskan ciri ciri jeruk nipis lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jeruk nipis (klasifikasi dan deskripsi jeruk nipis).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jeruk Nipis

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah jeruk yang mempunyai rasa asam dan agak pahit. Sering digunakan untuk menghilangkan bau amis atau sebagai penyedap makanan pada soto. Jeruk nipis ini berbeda dengan jenis jeruk lainnya, selain rasanya yang masam, ukurannya pun lebih kecil dari buah jeruk yang biasa dikonsumsi.

Tanaman ini adalah tanaman tahunan, sudah sejak lama tanaman jeruk dibudidayakan di Indonesia. Kualitasnya bukan dilihat dari ukuran buahnya, melainkan dari warna, kejernihan, dan tekstur kulit. Semakin tipis kulit jeruk nipis, semakin banyak kandungan airnya. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi jeruk nipis :


Klasifikasi Tanaman Jeruk Nipis

Apa klasifikasi ilmiah jeruk nipis ?


Klasifikasi tumbuhan jeruk nipis / nama ilmiah jeruk nipis adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Sapindales
FAMILI : Rutaceae
GENUS : Citrus L
SPESIES : Citrus X aurantiifolia

Tabel : klasifikasi jeruk nipis


Morfologi Tanaman Jeruk Nipis

Apa ciri ciri morfologi jeruk nipis / ciri ciri tumbuhan jeruk nipis ?


Ciri khusus jeruk nipis / ciri khas jeruk nipis :

Morfologi Akar Jeruk Nipis

Perakaran tanaman jeruk nipis dibagi menjadi 5 bagian, yaitu ujung akar (apex radices), cabang akar (radix lateralis), batang akar (corpus radicis), serabut akar (fibrilla radicalis), dan leher akar (collum). Akar tanaman jeruk nipis adalah akar tunggang.

Morfologi Batang Jeruk Nipis

Batang tanaman jeruk nipis termasuk ke dalam golongan batang berkayu yang keras dan kuat. Batangnya berbentuk bulat, mempunyai duri-duri pendek yang kaku dan tajam. Selain itu, arah tumbuh batang jeruk nipis tegak lurus mengarah ke atas dan lalu ujungnya membengkok lagi ke bawah. Sifat percabangannya yaitu batang monopodial (batang utama selalu terlihat jelas karena lebih besar dan lebih panjang).

Morfologi Daun Jeruk Nipis

Bagian-bagian daun jeruk nipis sederhananya kita bagi menjadi tiga bagian yaitu, helaian daun, tangkai anak daun, dan tangkai daun. Bentuk helaian daun jeruk nipis yaitu oval dengan pangkal daun yang membulat dan ujung daun tumpul.

Tepi daunnya beringgit, permukaan atasnya berwarna hijau tua mengkilap dan permukaan bagian bawahnya berwarna hijau muda dengan panjang kira-kira 2,5 – 9 cm dan lebar 2,5 cm. Daging daun jeruk nipis seperti kertas, tulang daunnya menyirip dengan tangkai bersayap. Duduk daun tersebar karena di setiap buku-buku terdapat hanya satu daun.

Morfologi Bunga Jeruk Nipis

Bunga jeruk nipis terdiri dari putik, benang sari, dan mahkota bunga. Bunganya termasuk ke dalam golongan bunga majemuk, tersusun dalam malai yang muncul dari ketiak daun. Bunganya berbentuk seperti mangkuk dan tangkai putik berbentuk silindris. Daun mahkota berbentuk lanset dan berwarna putih. Bunga jeruk nipis termasuk bunga hermaprodit atau bunga banci di mana dalam satu tumbuhan terdapat putik dan benang sari. Aroma bunganya harum sehingga menarik perhatian lebah.

Morfologi Buah dan Biji Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis berbentuk bulat, seperti buah jeruk yang biasa dikonsumsi, hanya ukurannya lebih kecil. Permukaannya licin dan berkulit tipis. Kulit buah jeruk nipis memiliki tiga lapisan yaitu, lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Lapisan luar berstruktur kaku dan mengandung banyak kelenjar minyak astiri. Lapisan tengah atau yang sering disebut albedo, terdiri atas jaringan bunga karang. Lalu lapisan dalam yang bersekat-sekat hingga terbentuk ruangan-ruangan yang terdapat gelembung-gelembung berair.

Biji jeruk nipis berjumlah banyak dan berukuran kecil. Bentuknya bulat oval, mempunyai lapisan kulit luar dan lapisan kulit dalam. Lapisan kulit luar adalah pelindung utama bagi biji yang ada di dalam.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jeruk nipis secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman jeruk nipis ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi jarak pagar :)