KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KACANG HIJAU

Artikel tentang kacang hijau ini akan menjelaskan ciri ciri kacang hijau lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kacang hijau (klasifikasi dan deskripsi kacang hijau).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tanaman yang termasuk ke suku kacang-kacangan (Leguminosae) yang memiliki banyak varietas. Sehari-hari, kita sering memanfaatkan kacang hijau dengan cara mengkonsumsinya sebagai bubur (bubur kacang hijau), sayur (taoge), dan sebagai bahan kue-kue.

Tapi, selain dikonsumsi oleh manusia, kacang hijau juga mempunyai manfaat lain yaitu, limbah kacang hijau bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk hijau. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi kacang hijau  :


Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau

Apa klasifikasi ilmiah kacang hijau ?


Klasifikasi tumbuhan kacang hijau / nama ilmiah kacang hijau adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Vigna Savi
SPESIES : Vigna radiata (L.)

Tabel : klasifikasi kacang hijau


Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Apa ciri ciri morfologi kacang hijau / ciri ciri tumbuhan kacang hijau ?


Susunan morfologi tanaman kacang hijau dibagi menjadi organ akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut ciri khusus kacang hijau / ciri khas kacang hijau :

Morfologi Akar Kacang Hijau

Sistem perakaran tanaman kacang hijau bercabang-cabang banyak dan dalam akarnya membentuk bintil-bintil yang disebut nodula akar. Seperti tanaman suku legume pada umumnya, tanaman kacang hijau bersimbiosis mutualisme dengan bakteri penambat N di udara, yaitu Rhizobium sp.

Rhizobum sp mendapatkan tempat tinggal (inang) dan sumber makanan pada tanaman kacang hijau, dan sebagai timbal baliknya tanaman kacang hijau mendapatkan asupan unsur hara Nitrogen tambahan dari Rhizobium sp.

Morfologi Batang dan Daun Kacang Hijau

Batang tanaman kacang hijau berukuran kecil, mempunyai bulu, berwarna hijau kecokelatan atau kemerahan, tumbuh tegak ke atas mencapai ketinggian dari 30 cm sampai 110 cm. Cabang tanaman kacang hijau menyebar ke segala arah.

Morfologi daun kacang hijau yaitu daunnya tumbuh majemuk, di setiap tangkai kacang hijau ada sekitar tiga helai anak daun. Helai daun berbentuk oval dengan ujungnya lancip dan berwarna hijau.

Morfologi Bunga Buah dan Biji Kacang Hijau

Bunga kacang hijau termasuk ke golongan hermaprodit, yaitu berkelamin sempurna. Bentuk bunga kacang hijau seperti kupu kupu dan berwarna kuning. Buahnya berpolong dengan panjang antara 6 – cm 15 cm. Setiap polong berisi 6 sampai 16 butir biji kacang hijau.

Morfologi biji kacang hijau bulat kecil dan keras, dengan bobot tiap butir 0,5 – 0,8 mg atau per 1000 butir kira-kira 36 gram – 78 gram. Warna biji kacang hijau sudah jelas dinamanya, berwarna hijau sampai hijau mengkilap. Biji kacang hijau tersusun atas tiga bagian, yaitu kulit biji, kotiledon dan embrio.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kacang hijau secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kacang hijau ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi jeruk nipis :)