KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KACANG TANAH

Artikel tentang kacang tanah ini akan menjelaskan ciri ciri kacang tanah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah (klasifikasi dan deskripsi kacang tanah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah berasal dari wilayah Amerika Selatan dan sekarang telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis. Kita mungkin sering mengkonsumsi langsung kacang tanah dengan hanya merebusnya, tetapi selain dikonsumsi langsung, kacang tanah juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat keju, mentega, sabun dan minyak goreng.

Hasil sampingan dari minyak kacang tanah sering digunakan untuk membuat oncom melalui fermentasi bioteknologi tradisional. Saat ini, Cina dan India merupakan negara produsen kacang tanah terbesar di dunia. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kacang tanah :


Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah

Apa klasifikasi ilmiah kacang tanah ?


Nama ilmiah kacang tanah atau nama latin kacang tanah adalah Arachis hypogaea L. Klasifikasi tumbuhan kacang tanah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Arachis L.
SPESIES : Arachis hypogaea L.

Tabel : klasifikasi kacang tanah


Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Apa ciri ciri morfologi kacang tanah / ciri ciri tumbuhan kacang tanah ?


Ciri khusus kacang tanah / ciri khas kacang tanah adalah sebagai berikut :

Tanaman kacang tanah terdiri dari 3 organ utama yaitu akar, batang dan daun. Sedangkan organ-organ lain seperti bunga, buah dan biji merupakan organ reproduktif kacang tanah. Umumnya, kacang tanah budidaya dibagi menjadi dua tipe berdasarkan bentuk/letak cabang lateral-nya, tipe tegak lurus dan tipe menjalar.

Tipe tegak lurus mempunyai cabang-cabang yang tumbuh agak tegak melurus ke atas dan umurnya biasannya antara 100 sampai 120 hari, sedangkan tipe menjalar mempunyai percabangan yang tumbuh ke samping, hanya bagian ujung yang mengarah ke atas.

Tipe tumbuh kacang tanah dapat dibedakan menjadi enam tipe, berdasarkan posisi cabang utama terhadap batang utama, yaitu Procumbent 1 (cabang menjalar), Procumbent 2 (cabang dan batang utama menjalar), Decumbent 1 (cabang menjalar dengan ujung sedikit ke atas), Decumbent 2, (cabang menjalar dengan pertengahan cabang menuju ke atas), Decumbent 3 (cabang lateral menuju ke atas), Erect (cabang lateral tegak).

Morfologi Akar Kacang Tanah

Morfologi akar tanaman kacang tanah hampir sama seperti tanaman legume lainnya, akar tanaman kacang tanah mempunyai nodul (berbintil) akibat hubungan simbiosis mutalisme dengan bakteri penambat N, Rhizobium sp. Kacang tanah mempunyai akar tunggang dengan akar cabang yang tumbuh di akar tunggang tersebut.

Akar cabang ini mempunyai akar sementara dan dapat mati atau menjadi akar permanen. Jika menjadi akar permanen, maka akar akan berfungsi untuk menyerap nutrisi di tanah, seperti akar pada umumnya.

Morfologi Batang Daun & Bunga Kacang Tanah

Batang tanaman kacang tanah mempunyai ukuran yang pendek dan berbuku-buku, awalnya batang tumbuh tunggal, tapi kemudian lama kelamaan akan tumbuh cabang-cabang seolah-olah berumpun. Tinggi tanaman kacang tanah kira-kira 30-50 cm atau bisa juga lebih tergantung dari jenis varietas kacang tanah.

Morfologi daun kacang tanah berbentuk daun majemuk bersirip genap, terdiri dari empat anak daun berbentuk bulat, oval, atau agak lancip dan berbulu. Bunganya berbentuk seperti kupu-kupu, berwarna kekuningan, mempunyai tangkai yang panjang dan tumbuh dari ketiak daun. Tahap berbunga kacang tanah biasanya terjadi setelah tanaman berumur 4-6 minggu. Bunga kacang tanah menyerbuk sendiri pada malam hari, mekar selama 24 jam kemudian layu dan gugur.

Polong kacang tanah mempunyai cangkang yang keras dan berwarna putih kecoklatan, setiap polong mempunyai 1-4 biji. Pembentukan polong terjadi setelah pembuahan, calon buah tersebut tumbuh memanjang, hal ini disebut Ginopor. Ginopor adalah tangkai polong yang terbentuk di udara, sedangkan polong terbentuk di dalam tanah. Biji kacang tanah mempunyai bentuk yang agak bulat atau lonjong, terbungkus lapisan tipis yang berwarna putih dan merah.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kacang tanah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kacang tanah ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kacang kedelai :)