KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KAMBOJA

Artikel tentang kamboja ini akan menjelaskan ciri ciri kamboja lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kamboja (klasifikasi dan deskripsi kamboja).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kamboja

Tanaman kamboja (Plumeria sp.) adalah tanaman hias yang tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja, karena tanaman ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah. Entah siapa yang pertama kali menamai tanaman ini tanaman Kamboja, tapi yang jelas, tanaman ini dibawa pertama kali ke wilayah Indonesia oleh bangsa penjajah Portugis dan Belanda.

Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik dataran rendah sampai di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman kamboja ini biasanya hidup tersebar tanpa harus mengelompok dengan tanaman lainnya, bisa beradaptasi di berbagai tempat dan tidak mempunyai iklim tertentu untuk berkembang biak. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kamboja :


Klasifikasi Tanaman Kamboja

Apa klasifikasi ilmiah kamboja ?


Nama ilmiah kamboja atau nama latin kamboja adalah Plumeria sp. Spesiesnya antara lain Plumeria alba L, Plumeria obtusa L, dan Plumeria rubra L. Klasifikasi tumbuhan kamboja adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Gentianales
FAMILI : Apocynaceae
GENUS : Plumeria L.
SPESIES : Plumeria sp

Tabel : klasifikasi kamboja


Morfologi Tanaman Kamboja

Apa ciri ciri morfologi kamboja / ciri ciri tumbuhan kamboja ?

Berikut ciri khusus kamboja / ciri khas kamboja :


Tanaman kamboja adalah jenis tanaman yang berpohon (perdu) dengan tinggi bisa mencapai 3 – 7 meter dan mengandung getah. Batang pokok tanaman kamboja besar, berkayu keras dan kuat, bercabang-cabang dan tumbuh membengkok.

Struktur morfologi daun kamboja berbentuk daun tunggal, duduk berkarang dan bergerombol di ujung tangkai. Tangkai daunnya panjang dan helaiannya berbentuk lanset dengan panjang 20 sampai 60 cm, dan lebar 6 – 12,5 cm, strukturnya kaku seperti kulit. Ujung daun kamboja meruncing, pangkalnya menyempit dengan bagian tepi daun merata. Daun kamboja mempunyai pertulangan daun yang menyirip.

Morfologi bunga kamboja berbentuk menyerupai terompet, dan berkumpul di ujung ranting. Bunga bagian dalam malai merata dan berambut, warnanya agak kekuningan. Mahkota bunga kamboja berwarna putih atau merah dan mempunyai aroma yang wangi, bentuknya menyerupai corong. Tangkai putik berukuran pendek, tumpul dan melebar.

Buah kamboja adalah buah bumbung dan berjumlah satu atau dua, saling berjauhan yang membentuk tabung memanjang dan gepeng. Panjangnya bisa mencapai 18 – 20 cm dan lebar 2 cm, berongga dua dan berbiji banyak, warnanya hitam kecokelatan. Perbanyakan tanaman kamboja bisa secara vegetatif (stek batang) atau secara generatif (melalui biji).

Bunga kamboja ternyata mempunyai bermacam-macam jenis, jenis yang populer di antaranya adalah Plumeria Bali-Whirl. Bunga jenis tersebut mempunyai mahkota yang bertumpuk. Lalu Plumeria Acuminata, mempunyai bentuk mahkota yang membulat dan bagian ujung menggulung. Selanjutnya, Plumeria Acutifolia yang beraroma wangi serta sering digunakan oleh orang Bali untuk upacara keagamaan, dan Plumeria Cendana yang mempunyai getah beracun dan bisa menimbulkan gatal-gatal dan iritasi jika terkena jaringan kulit.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kamboja secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kamboja ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kakao :)