KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KELAPA

Artikel tentang kelapa ini akan menjelaskan ciri ciri kelapa lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa (klasifikasi dan deskripsi kelapa).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa (Cocos nucifera) adalah tumbuhan dari keluarga aren-arenan yang sering tumbuh di pesisir. Tanaman ini termasuk tanaman serba guna dan zero waste karena hampir seluruh bagian tanaman kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kelapa :


Klasifikasi Tanaman Kelapa

Apa klasifikasi ilmiah kelapa ?


Nama ilmiah kelapa atau nama latin kelapa adalah Cocos nucifera L. Klasifikasi tumbuhan kelapa adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Arecales
FAMILI : Arecaceae
GENUS : Cocos L
SPESIES : Cocos nucifera L.

Tabel : klasifikasi kelapa


Morfologi Tanaman Kelapa

Apa ciri ciri morfologi kelapa / ciri ciri tumbuhan kelapa ?

Ciri khusus kelapa / ciri khas kelapa :


Morfologi Akar Tanaman Kelapa

Kelapa adalah tanaman monokotil yang tidak mempunyai akar tunggang. Bakal akar atau radikula pada bibit terus tumbuh memanjang ke arah bawah selama enam bulan dengan panjang akar yang mencapai 15 cm.

Susunan akar kelapa terdiri dari serabut utama yang tumbuh secara vertikal dan horizontal. Serabut utama atau primer ini akan bercabang membentuk akar sekunder yang arah pertumbuhannya ke atas dan ke bawah. Selanjutnya, akar sekunder ini akan tumbuh lagi menjadi akar tersier. Perakaran tanaman kelapa bisa mencapai 8 meter secara vertikal, dan 16 meter secara horizontal.

Morfologi Batang Pohon Kelapa

Tanaman kelapa biasanya tidak memiliki batang yang bercabang-cabang. Pada fase muda (seedling), terjadi pembentukan batang yang melebar tanpa pemanjangan ruas. Titik tumbuh batang terletak di pucuk batang dan terbenam di dalam tajuk daun. Batang tanaman kelapa memiliki pangkal pelepah-pelepah daun yang melekat kokoh dan sulit terlepas meskipun daun telah kering dan mati.

Morfologi Daun Kelapa

Struktur morfologi daun kelapa mempunyai daun yang berbentuk menyerupai bulu burung atau ayam. Di bagian pelepah daun terbentuk dua baris duri yang tajam di kedua sisinya dan keras. Anak-anak daun tersusun berbaris dua sampai ke ujung daun. Di tengah-tengah setiap anak daun terdapat tulang daun yang keras, yang sering kita sebut sebagai lidi.

Morfologi Bunga dan Buah Kelapa

Setelah tanaman berumur sekitar tiga tahun, maka akan muncul bunga jantan atau bunga betina. Bunga jantan bentuknya lonjong memanjang, sedangkan bunga betina agak membulat. Penyerbukan pada tanaman kelapa adalah penyerbukan silang.

Buah kelapa tersusun dari kulit buah yang licin dan keras. Buah yang sangat muda berwarna hijau pucat, dan menjadi hijau tua lalu kuning muda setelah semakin tua. Kemudian setelah itu, buah akan berwarna merah kekuningan, yang menandakan bunga telah matang dan akan rontok dengan sendirinya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kelapa secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kelapa ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kelapa sawit :)