KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KELENGKENG

Artikel tentang tanaman kelengkeng ini akan menjelaskan ciri ciri kelengkeng lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kelengkeng (klasifikasi dan deskripsi kelengkeng).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kelengkeng

Lengkeng merupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Buah kelengkeng biasa dikonsumsi langsung dalam keadaan besar, lengkeng juga ada yang dikeringkan untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Selain buahnya, kayu tanaman lengkeng juga sering dimanfaatkan untuk konstruksi ringan rumah dan bahan perkakas. Orang Cina sering menggunakan biji, buah, daun dan bunga kelengkeng sebagai ramuan obat tradisional. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kelengkeng :


Klasifikasi Tanaman Kelengkeng

Apa klasifikasi ilmiah kelengkeng ?


Nama ilmiah kelengkeng atau nama latin kelengkeng adalah Dimocarpus longan Lour. Adapun klasifikasi tumbuhan kelengkeng adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Sapindaceae
GENUS : Dimocarpus Lour.
SPESIES : Dimocarpus longan Lour.

Tabel : klasifikasi kelengkeng


Morfologi Tanaman Kelengkeng

Apa ciri ciri morfologi kelengkeng / ciri ciri tumbuhan kelengkeng ?

Ciri khusus kelengkeng / ciri khas kelengkeng antara lain :


Tanaman kelengkeng adalah tanaman berbentuk pohon dengan tinggi bisa mencapai 40 meter dan diameter batang 1 meter. Jenis akar pada tanaman lengkeng adalah akar tunggang dengan akar samping yang berjumlah banyak, panjang dan kuat.

Batang pada tanaman lengkeng berkayu dan keras, bentuknya membulat dengan sistem percabangan simpodial, yaitu cabang-cabang yang berjumlah banyak dan arah cabangnya mendatar dan merapat. Permukaan batang lengkeng kasar dan berwarna cokelat.

Tanaman lengkeng mempunyai kanopi yang menyerupai payung karena dedaunannya rimbun. Morfologi daun kelengkeng bertipe daun majemuk yang letaknya berhadap-hadapan dalam satu tangkai. Satu tangkai daun terdiri dari 3 – 6 pasang anak daun. Permukaan daun lengkeng bagian atas mengkilap dan berwarna hijau, bagian tepi daun merata dengan ujung dan pangkalnya meruncing serta pertulangan daun yang menyirip. Daun-daun tumbuh di ujung dahan dengan panjang berkisar 4 – 9 cm dan lebar 2 – 4 cm.

Bunga tanaman lengkeng adalah bunga majemuk yang berwarna cokelat kekuningan, dengan ukuran yang relatif kecil. Perbungaan tanaman lengken biasanya di ujung (flos terminalis), yang berbentuk menyerupai payung dengan mahkota bunga 5 helai. Tanaman lengkeng berbunga setahun sekali dan buahnya dapat dipanen setelah 4 bulan bunga mekar.

Morfologi buah kelengkeng berbentuk bulat sampai lonjong dengan kulit buah tipis. Warna buah ini yaitu hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat ketika sudah matang. Permukaan luar buah terasa kasar dan berbintil, daging buah bening transparan dan rasanya sangat manis. Biji lengkeng berbentuk bulat mengkilap dan berwarna hitam, terbungkus oleh daging buah yang transparan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kelengkeng secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kelengkeng ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kelapa :)