KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KUMIS KUCING

Artikel tentang tanaman daun kumis kucing ini akan menjelaskan ciri ciri kumis kucing lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kumis kucing (klasifikasi dan deskripsi kumis kucing).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing adalah tanaman obat obatan yang berasal dari daerah Afrika beriklim tropis dan kemudian menyebar ke daerah Asia dan Australia. Tanaman kumis kucing adalah tanaman berbatang basah yang tumbuh tegak dan mempunyai segudang khasiat bagi tubuh, di antaranya yaitu mengobati infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, kencing batu, encok serta menghilangkan panas.

Bagian tanaman yang biasa digunakan yaitu hampir semua organ tanaman, baik dalam keadaan basah atau dikeringkan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kumis kucing :


Klasifikasi Tanaman Kumis Kucing

Apa klasifikasi ilmiah kumis kucing ?


Nama ilmiah kumis kucing atau nama latin kumis kucing adalah Orthosiphon aristatus. Klasifikasi tumbuhan kumis kucing adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Orthosiphon Benth.
SPESIES : Orthosiphon aristatus

Tabel : klasifikasi daun kumis kucing


Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Apa ciri ciri morfologi kumis kucing / ciri ciri tumbuhan kumis kucing ?


Ciri khusus kumis kucing / ciri khas kumis kucing & struktur morfologi kumis kucing yaitu :

Morfologi Akar dan Batang Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing adalah tanaman terna yang berdiri tegak dan mampu tumbuh mencapai tinggi 1 sampai 2 meter. Batang kumis kucing berbentuk segi empat dan sedikit beralur serta memiliki bulu bulu yang pendek atau gundul. Di bagian buku buku batang berakar.

Morfologi Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing mempunyai daun tunggal yang berbentuk bermacam macam, mulai dari bulat oval, lonjong, lanset atau belah ketupat. Daun kumis kucing memiliki bulu bulu yang halus dengan bagian tepi daunnya bergerigi kasar tak teratur.

Permukaan daun kumis kucing, baik bagian atas atau bawah, memiliki bintik bintik dikarenakan terdapat kelenjar minyak atsiri yang jumlahnya sangat banyak.

Morfologi Bunga Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing mempunyai bunga berupa tandan yang muncul di bagian ujung cabang. Kelopak bunga kumis kucing berkelenjar, urat dan pangkalnya memiliki bulu bulu pendek dan jarang kemudian di bagian paling atas gundul.

Mahkota bunga kumis kucng mempunyai ukuran panjang 13 sampai 27 mm, bagian atas mahkotanya ditutupi oleh bulu bulu pendek yang berwarna ungu yang selanjutnya menjadi putih. panjang tabung sekitar 10 sampai 18 mm, dan panjang bibir bunga kira kira 4,5 hingga 10 mm. Helaian bunga kumis kucing berbentuk bundar dan tumpul.

Benang sari lebih panjang dari tabung pada tabung bunga. Tanaman kumis kucing memiliki buah geluk yang berwarna coklat gelap dengan panjang sekitar 1,75 sampai 2 mm. Gagangnya memiliki bulu bulu yang pendek dan jarang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kumis kucing secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kumis kucing ya teman ! Baca juga klasifikasi pohon kenanga :)