KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI KUNYIT

Artikel tentang tanaman kunyit ini akan menjelaskan ciri ciri kunyit lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kunyit (klasifikasi dan deskripsi kunyit).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kunyit

Kunyit, atau kita mengenalnya dengan nama kunir atau kuning, adalah tanaman obat tradisional. Tanaman yang berasal dari India ini mempunyai manfaat lain, yaitu sebagai bumbu masakan. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian 1300 – 1600 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Tanaman kunyit sering diperbanyak secara vegetatif, yaitu dengan stek rimpang. Bibit rimpang harus cukup tua dan harus mempunyai tata pengairan yang baik juga. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kunyit :


Klasifikasi Tanaman Kunyit

Apa klasifikasi ilmiah kunyit ?


Nama ilmiah kunyit atau nama latin kunyit adalah Curcuma longa L atau ada juga yang menamainya dengan Curcumadomestica Val. Klasifikasi tumbuhan kunyit adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Curcuma L.
SPESIES : Curcuma longa L

Tabel : klasifikasi kunyit


Morfologi Tanaman Kunyit

Apa ciri ciri morfologi kunyit / ciri ciri tumbuhan kunyit ?

Berikut ini adalah ciri ciri khusus kunyit / ciri khas kunyit  :


Tanaman kunyit merupakan tanaman jangka panjang atau tahunan dengan daun besar berbentuk elips. Di setiap tanaman kunyit terdapat kira-kira 5 – 15 helai daun dengan panjang hingga 85 cm dan lebar 25 cm. Pangkal dan ujung daun meruncing hijau muda sampai hijau tua. Bagian tepi daun kunyit merata.

Batang tanaman kunyit adalah batang semu dan berwarna hijau, tinggi batangnya bisa mencapai 70 – 100 cm. Arah tumbuh batang tegak lurus ke atas (erectus), berbentuk membulat, membentuk rimpang dan tersusun dari pelepah daun yang agak lunak. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buahnya berwarna merah kekuning-kuningan.

Perbungaan tanaman ini muncul dari rimpang yang letaknya di bagian batang. Ibu tangkai bunga berambut kasar dan rapat. Saat kering, bunga memiliki ketebalan mencapai 2 – 5 mm, panjang 4 – 8 cm. Bentuk bunga tanaman ini merupakan tanaman majemuk dan mahkotanya berwarna putih. Bunga kunyit memiliki rambut dan sisik dari pucuk batang semu yang panjangnya 10 – 15 cm dengan mahkota yang mempunyai ukuran 3 x 1,5 cm, dan berwarna putih kekuningan.

Akar kunyit memilki bau aromatik yang khas dan rasanya agak pedas dan agak pahit. Jika dilarutkan dalam air, maka akar kunyit akan memberikan zat curcuminoid yang berwarna kuning. Akar kunyit ini sudah lama dimanfaatkan sebagai komponen pewarna makanan dan bumbu masakan. Selain itu, akar kunyit juga mempunyai khasiat untuk melancarkan peredaran darah, menjadi anti bakteri dan melancarkan pengeluaran empedu.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kunyit secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kunyit ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kopi :)