KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI LIDAH BUAYA

Artikel tentang tanaman lidah buaya ini akan menjelaskan ciri ciri lidah buaya lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lidah buaya (klasifikasi dan deskripsi lidah buaya).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Pasti kamu sudah familiar sama tanaman lidah buaya. Tanaman tidak berkayu yang bentuknya meruncing dan bergerigi mirip lidah buaya (lidahnya buaya bergerigi?) ini mempunyai banyak sekali manfaatnya. Kalau kita sering nonton iklan shampo di TV, pasti ada Aloe vera (nama latin untuk lidah buaya) disebutkan disitu. Bagian daun tanaman lidah buaya-lah yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan.

Tanaman lidah buaya ini sudah dikenal sekitar 3500 tahun yang lalu, Mesir Kuno kala itu mendokumentasikan tanaman lidah buaya, termasuk kegunaannya untuk mengobati luka bakar dan infeksi. Konon, lidah buaya dalam bentuk segar selalu digunakan Cleopatra untuk menjaga agar kulitnya tetap halus dan awet muda. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lidah buaya :


Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Apa klasifikasi ilmiah lidah buaya ?


Nama ilmiah lidah buaya atau nama latin lidah buaya adalah Aloe vera L. Klasifikasi tumbuhan lidah buaya adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Xanthorrhoeaceae
GENUS : Aloe L.
SPESIES : Aloe vera (L.) Burm. f

Tabel : klasifikasi lidah buaya


Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Apa ciri ciri morfologi lidah buaya / ciri ciri tumbuhan lidah buaya ?

Berikut ini adalah ciri khusus lidah buaya / ciri khas lidah buaya :


Sama seperti tanaman pada umumnya, lidah buaya mempunyai struktur akar, batang, daun dan bunga. Morfologi daun lidah buaya berbentuk seperti tombak dengan helaian yang memanjang berupa pelepah yang panjangnya bisa mencapai kisaran 40-60cm, lebar pelepah bagian bawah 8-13 cm dan tebal antara 2-3 cm.

Daun lidah buaya termasuk jenis daun tunggal. Daunnya berdaging tebal, tidak mempunyai tulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin di permukaan daunnya. Daun lidah buaya juga bersifat sukulen, yaitu kandungan air, getah dan lender yang mendominasi daun.

Bagian atas daun lidah buaya rata dan bagian bawahnya cembung (membulat). Daun lidah buaya muda mempunyai bercak berwarna hijau hingga putih yang akan hilang ketika daun lidah buaya tumbuh dewasa.

Berbeda dengan varietas tanaman lidah buaya kecil atau lokal, lidah buaya varietas lokal tidak mempunyai bercak itu tadi, mungkin penyebabnya karena faktor genetik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun lidah buaya bergerigi sampingnya, gerigi itu berbentuk duri tumpul yang tidak berwarna.

Ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yang termasuk dalam family Liliaceae, tetapi hanya 3 jenis saja yang dibudidayakan secara komersil di dunia yaitu, Aloe vera atau Aloe barbadensis Miller, Cape aloe atau Aloe ferox Miller dan Socortrine aloe atau Aloe perry Baker.

Dari ketiga jenis lidah buaya di atas, spesies Aloe vera yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Alasannya karena spesies ini mempunyai banyak keunggulan seperti, tahan hama, ukurannya dapa mencapai 120 cm, berat per batangnya bisa mencapai 4 kg, mengandung banyak nutrisi serta aman dikonsumsi.

Morfologi batang lidah buaya tidak terlihat jelas, bentuk daunnya lebar dibagian bawah dengan pelepah bagian bawah cembung, lebar sekitar 6-13 cm dengan duri berjajar di bagian pinggir daun. Tinggi bunga sekitar 25-30 cm dan tinggi tangkai bunga 60-100 cm, bunga berwarna kuning.

Lidah buaya mempunyai eksudat, getah yang keluar saat daun dipotong. Eksudat ini berbentuk cair, berwarna kuning dan rasanya pahit. Jika daun lidah buaya disayat, gel atau lender akan keluar dari bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lidah buaya secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lidah buaya ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi kunyit :)