KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI MAHKOTA DEWA

Artikel tentang tanaman mahkota dewa ini akan menjelaskan ciri ciri mahkota dewa lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman mahkota dewa (klasifikasi dan deskripsi mahkota dewa).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Mahkota Dewa

Mahkota dewa adalah tanaman obat-obatan yang sudah lama dikenal oleh masyarakat dan sekarang semakin diminati karena manfaatnya. Tanaman ini berasal dari daerah Papua dan mempunyai khasiat untuk mengobati luka, diabetes, liver, flu, sesak nafas, penyakitjantung, alergi, kanker, ginjal, asam urat dan ketergantungan narkoba.

Salah satu senyawa aktif yang ditemukan terdapat dalam buah mahkota dewa adalah senyawa saponin. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi mahkota dewa :


Klasifikasi Tanaman Mahkota Dewa

Apa klasifikasi ilmiah mahkota dewa ?


Nama ilmiah mahkota dewa atau nama latin mahkota dewa adalah Phaleria macrocarpa. Klasifikasi tumbuhan mahkota dewa adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Malvales
FAMILI : Thymelaeaceae
GENUS : Phaleria
SPESIES : Phaleria macrocarpa

Tabel : klasifikasi mahkota dewa


Morfologi Tanaman Mahkota Dewa

Apa ciri ciri morfologi mahkota dewa / ciri ciri tumbuhan mahkota dewa ?

Berikut ini adalah ciri khusus mahkota dewa / ciri khas mahkota dewa :


Morfologi Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa adalah daun tunggal. Bentuk daunnya yaitu lonjong, ramping memanjang, dan berujung lancip. Letak daun berhadapan, tangkainya pendek, bentuknya jorong dan bagian tepi daun rata (tidak bergerigi).

Ujung dan pangkal daun meruncing, pertulangan daunnya menyirip, permukaannya licin dan tidak berbulu, berwarna hijau tua, panjang sekitar 7-10 cm dan lebar 2-5 cm. sekilas, daun mahkota dewa berbentuk mirip daun jambu air hanya lebih langsing. Dan teksturnya pun lebih liat dari pada daun jambu air. Daun tua mahkota dewa berwarna lebih gelap dari pada daun muda.

Pertumbuhan daun mahkota dewa lebat. Daun mahkota dewa termasuk bagian organ tanaman yang paling sering digunakan untuk berbagai pengobatan, seperti penyakit lemah syahwat, disentri, alergi dan tumor.

Morfologi Batang Mahkota Dewa

Mahkota dewa adalah tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun dan ketinggiannya bisa mencapai 1 sampai 2,5 meter, dan bisa mencapai 6 meter bila dibiarkan. Akar tanaman mahkota dewa yaitu akar tunggang dengan warna kuning kecokelatan. Panjang akarnya bisa mencapai kira-kira 100 cm.

Batang mahkota dewa adalah batang kayu. Kulit batang mahkota dewa berwarna cokelat kehijaun sementara kayunya berwarna putih. Batang mahkota dewa berbentuk bulat, jika kita raba maka permukaan batang akan terasa kasar. Percabangannya yaitu sympodial dan bergetah, diameter batang tanaman yang sudah dewasa mencapai 15 cm.

Morfologi Bunga Mahkota Dewa

Bunga mahkota dewa mekar sepanjang tahun. Letaknya tersebar di batang atau ketiak daun. Bentuk bunga mahkota yaitu seperti tabung dan ukurannya kecil. Warna bunga mahkota dewa yaitu putih dan aromanya harum.

Morfologi Buah Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa berbentuk bulat dengan diameter 3 sampai 5 cm, permukaannya licin dan beralur. Ketika muda, buah mahkota dewa berwarna hijau dan setelah masak berwarna merah. Ukuran buah bervariasi, dari sebesar bola ping pong hingga sebesar buah apel. Daging buah mahkota dewa berwarna putih, berserat dan berair. Dalam buah terdapat biji yang berbentuk bulat, keras dan berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan mahkota dewa secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman mahkota dewa ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi lidah buaya :)