KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI MANGGA

Artikel tentang tanaman mangga ini akan menjelaskan ciri ciri mangga lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman mangga (klasifikasi dan deskripsi mangga).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Mangga

Mangga adalah tanaman buah yang berasal dari India dan sekarang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Tanaman ini sering kali kita manfaatkan buahnya untuk dikonsumsi atau dibuat jus, selain buahnya yang menyegarkan dan rasanya manis, buah ini juga kaya akan antioksidan, vitamin C dan E, serta menjadi sumber karotenoid yang berguna untuk menumpas kanker.

Selain buahnya, bagian tanaman mangga yang sering dimanfaatkan adalah getah dan kulit batang. Getah dan kulit batang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit luar atau nyeri persendian. Dengan begitu banyaknya manfaat yang dihasilkan tanaman mangga, tidak ada salahnya kita mengenal lebih dekat tentang tanaman buah satu ini. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi mangga :


Klasifikasi Tanaman Mangga

Apa klasifikasi ilmiah mangga ?


Nama ilmiah mangga atau nama latin mangga adalah Mangifera indica L. Klasifikasi tumbuhan mangga adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Anacardiaceae
GENUS : Mangifera L.
SPESIES : Mangifera indica L.

Tabel : klasifikasi mangga


Morfologi Tanaman Mangga

Apa ciri ciri morfologi mangga / ciri ciri tumbuhan mangga ?

Ciri khusus mangga / ciri khas mangga dari akar sampai buah yaitu :


Morfologi Akar Mangga

Dimulai dari organ akar, morfologi akar pohon mangga terdiri dari akar tunggang dan akar cabang. Akar tunggang mempunyai ukuran yang sangat panjang, mencapai kedalaman 6 meter. Pertumbuhan akar tunggang yang panjang ini adalah untuk mencari permukaan air tanah, setelah mencapai permukaan air maka akar akan membentuk akar cabang. Pembentukan akar cabang ini ada di kedalaman 30 – 60 cm di bawah permukaan tanah.

Morfologi Batang Mangga

Batang pada tanaman mangga adalah batang kayu yang keras, kuat dan tumbuh tegak ke atas. Morfologi batang tanaman mangga berbentuk membulat dengan percabangan dan ranting yang banyak. Cabang dan ranting kemudian ditumbuhi daun yang lebat membentuk kanopi yang bentuknya seperti kubah, oval atau memanjang.

Kulit batang pohon mangga tebal dan kasar dan berwarna coklat gelap hingga abu-abu kehitaman. Tanaman yang berasal dari perbanyakan generatif (menggunakan benih) biasanya tumbuh dengan tegak, kuat dan tinggi, sedangkan tanaman dari perbanyakan secara vegetatif (bibit sambung atau okulasi) biasanya batangnya pendek dengan percabangan yang membentang.

Morfologi Daun Mangga

Daun tanaman mangga adalah daun tunggal tanpa anak dan penumpu, dengan panjan 8-40 cm dan lebar 2 – 12,5 cm. Letak dan posisinya selang seling mengelilingi ranting.

Bagian pangkal tangkai daun mangga membesar dengan sisi atasnya membentuk alur, panjangnya sekitar 1,25 – 12,50 cm. Bentuk daun bervariasi, ada yang seperti mata tombak, lonjong, segi empat dengan ujung runcing, dan bulat oval dengan ujung runcing. Bagian tepi daun halus dan terkadang sedikit bergelombang.

Morfologi Bunga Mangga

Bunga mangga adalah bunga majemuk, tumbuh dari tunas ujang, terangkai dalam tandan dengan rangkaian bunga berbentuk kerucut. Jumlah bunga di setiap tandan berkisar antara 1000 – 6000 kuntum dengan ukuran yang kecil, diameter sekitar 6 – 8 mm.

Terdapat bunga jantan dan hermaprodit (bunga banci) pada setiap rangkaian bunga dengan proporsi bunga jantan lebih banyak. Kelopak dan mahkota berjumlah lima lembar. Bakal buah tidak memiliki tangka dan pada bagian ujungnya terdapat kepala putik.

Morfologi Buah Mangga

Buah mangga termasuk dalam golongan buah batu yang berdaging dengan panjang buah yang mencapai 30 cm. bentuk buah mangga bervariasi, ada yang berbentuk bulat, bulat oval atau pipih. Warnanya juga bermacam-macam, ada yang berwarna hijau, kuning, merah atau kombinasinya. Kulit buah mangga tebal dan memiliki kelenjar, dagingnya juga tebal. Di dalam daging buah, terdapat biji buah yang keras.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan mangga secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai ciri ciri tanaman mangga ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi mahoni :)