KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI MARKISA

Artikel tentang tanaman markisa ini akan menjelaskan ciri ciri markisa lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman markisa (klasifikasi dan deskripsi markisa).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Markisa

Markisa adalah tanaman buah yang termasuk dalam famili Passifloraceae. Tanaman markisa yang populer adalah Passiflora edulis Sims (Markisa asam) yang dibagi menjadi dua forma, yaitu forma edulis dan forma flavicarpa.

Forma edulis sering kita kenal dengan sebutan markisa ungu, yang termasuk dalam forma ini adalah markisa asam dengan warna kulit buah ungu, merah, atau hitam. Forma flavicarpa atau yang sering kita sebut markisa kuning, yaitu markisa asam dengan kulit buah berwarna kuning. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi markisa :


Klasifikasi Tanaman Markisa

Apa klasifikasi ilmiah markisa ?


Nama ilmiah markisa atau nama latin markisa secara umum adalah Passiflora edulis Sims. Klasifikasi tumbuhan markisa adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Passifloraceae
GENUS : Passiflora L.
SPESIES : Passiflora edulis Sims

Tabel : klasifikasi markisa


Morfologi Tanaman Markisa

Apa ciri ciri morfologi markisa / ciri ciri tumbuhan markisa ?


Ada tiga jenis markisa asam yang dibudidayakan di Indonesia, yaitu markisa ungu, markisa merah, dan markisa kuning. Masing-masing jenis markisa tersebut mempunyai ciri-ciri morfologi yang berbeda. Ciri khusus markisa / ciri khas markisa tersebut yaitu :

Morfologi Markisa Ungu

Markisa ungu (Passiflora edulis f. edulis Sims) seperti yang telah disebutkan, termasuk ke dalam forma edulis. Markisa ungu mempunyai ciri-ciri morfologi yaitu, bentuk daun menjari dengan ukurannya yang lebih kecil dari markisa kuning atau merah. Panjang tangkainya kira-kira 2-3 cm, panjang daun sekitar 9-12 cm dengan lebar 7 sampai 9 cm. Daun muda dan tangkai markisa ungu berwarna hijau muda.

Morfologi batang markisa jenis ini ruas batangnya lebih pendek dari pada markisa kuning dan merah, panjangnya hanya sekitar 5-7 cm, sulur muda berwarna hijau. Ukuran bunga lebih kecil, mahkota bunga tambahan mempunyai dua baris luar benang yang bergelombang dengan panjang sekitar 2-3 cm. pangkal bunga berwarna putih keunguan, dan tiga baris dalam papilla yang pendek dan berujung berwarna ungu.

Buah markisa ungu berwarna hijau ketika muda dengan kulit agak tipis dan keras. Buah berbentuk bulat sampai oval dengan diameter 4 sampai 6 cm, bobot mencapai 60 gram, sari buah berwarna kuning oranye dan rasanya manis masam.

Morfologi Markisa Merah

Markisa merah masih termasuk ke dalam forma edulis. Ciri-ciri morfologi markisa merah yaitu, bentuk daun menjari dengan panjang tangkai 3-5 cm, panjang daun 10-13 cm dan lebarnya sekitar 11-14 cm. Daun muda dan tangkainya berwarna hijau kecoklatan. Panjang ruas batang 7-10 cm dan sulur muda berwarna kecoklatan, sama seperti markisa ungu.

Ukuran bunga markisa merah berdiameter 7-8 cm, mahkota bunga tambahan berbentuk benang dengan panjang kurang lebih 4 cm. Pangkal bunga berwarna ungu dan ujungnya berwarna putih.

Buah markisa merah saat masih muda berwarna hijau dengan kulit buah agak tebal dan keras. Bentuk buah markisa merah yaitu bulat sampai oval dengan diameter 6 – 7,5 cm, bobot mencapai 120 gram. Rasa buahnya manis kemasaman.

Morfologi Tanaman Markisa Kuning

Berbeda dengan dua markisa yang telah kita bahas di atas, markisa kuning ini termasuk ke dalam forma flavicarpa. Morfologi daun markisa kuning yaitu menjari dengan panjang tangkai sekitar 2-4 cm, panjang daun 10-13 cm dan lebar 9-12 cm. Daun mudanya berwarna hijau dan tangkai berwarna hijau kecoklatan.

Ruas batang berukuran panjang sekitar 7-10 cm dan sulur mudanya berwarna kecoklatan. Diameter bunga markisa kuning berukuran 7-8 cm dengan mahkota bunga tambahan berbentuk benang (panjang kurang lebih 3,5 cm).

Pangkal bunga berwarna ungu dan ujungnya berwarna putih. Buah berwarna hijau ketika masih muda dengan bentuk bulat hingga oval dan berdiameter 5-7 cm. rasa buahnya manis kemasaman dengan aroma yang menyerupai jambu biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan markisa secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman markisa ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi manggis :)