KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI MENTIMUN

Artikel tentang tanaman mentimun ini akan menjelaskan ciri ciri mentimun lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman mentimun (klasifikasi dan deskripsi mentimun).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L.) adalah tanaman sayur-sayuran yang termasuk ke golongan labu-labuan (Cucurbitaceae). Menurut dari berbagai sumber literatur, tanaman mentimun berasal dari bagian utara India.

Tanaman mentimun cocok ditanam di hampir semua jenis lahan pertanian, tetapi jika ingin mendapatkan produktivitas optimal dari tanaman mentimun, kita harus membudidayakannya di tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, pH netral (sekitar 6-7), dan tidak tergenang.

Jika kondisi tanah terlalu basa atau pH dibawah 5,5, maka penyerapan unsur hara oleh akar akan tertanggu dan tanaman mentimun bisa keracunan unsur mikro. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi mentimun :


Klasifikasi Tanaman Mentimun

Apa klasifikasi ilmiah mentimun ?


Nama ilmiah mentimun atau nama latin mentimun adalah Cucumis sativus L. Klasifikasi tumbuhan mentimun adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Cucurbitaceae
GENUS : Cucumis L
SPESIES : Cucumis sativus L.

Tabel : klasifikasi mentimun


Morfologi Tanaman Mentimun

Apa ciri ciri morfologi mentimun / ciri ciri tumbuhan mentimun ?

Ciri khusus mentimun / ciri khas mentimun yaitu :


Morfologi Akar Mentimun

Sistem perakaran tanaman mentimun mempunyai akar tunggang yang tumbuh lurus ke dalam dan rambut-rambut akar yang menyebar secara horizontal dan vertikal. Kekuatan penetrasinya relatif dangkal, hanya sampai pada kedalaman 30-60 cm. karena alasan ini, tanaman mentimun mudah mengalami kekurangan air dan dehidrasi.

Morfologi Batang Mentimun

Tanaman mentimun termasuk tanaman semusim yang menjalar dengan perantaraan pemegang yang berbentuk pilin. Mentimun mempunyai batang yang berbulu dengan panjang bisa mencapai 1,5 m, berwarna hijau, dan biasanya batang mentimun lunak dan mengandung air.

Batang mentimun memiliki sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Sulur mentimun adalah batang yang termodifikasi dan ujungnya peka terhadap sentuhan, bila menyentuh galah/tiang, sulur akan mulai melingkarinya. Dalam 14 jam, sulur itu telah mengikat atau melekat kuat pada galah.

Morfologi Daun Mentimun

Daun mentimun lebar, berbentuk bulat dengan ujung daun runcing berganda, berlekuk menjari dan dangkal, berwarna hijau muda hingga hijau tua. Selain itu, daun mentimun bergerigi dan memiliki tulang daun menyirip dan bercabang-cabang.

Daun mentimun tumbuh selang seling antara satu daun dengan daun di atansya, keluar dari raus batang, aromanya kurang sedap, dan mempunyai bulu yang tidak tajam.

Morfologi Bunga Mentimun

Bunga mentimun berbentuk seperti terompet dan berwarna kuning. Tanaman ini termasuk jenis tanaman berumah satu, yaitu bunga jantan dan bunga betina terpisah dalam satu pohon/indvidu. Bunga betina memiliki calon buah yang berbentuk lonjong dan membengkok, sedangkan pada bunga jantan tidak mempunyai calon buah yang membengkok.

Letak calon buah mentimun terdapat di bawah mahkota bunga. Tanaman mentimun memiliki jumlah bunga jantan lebih banyak dari pada bunga betina. Penyerbukan bunga mentimun adalah penyerbukan silang.

Morfologi Buah dan Biji Mentimun

Buah mentimun menggantung di antara ketiak daun dan batang. Ukurannya antara 8-25 cm dan diameter 2,3- 7 cm, dengan bentuk bermacam-macam tergantung jenis varietas. Kulit buah mentimun ada yang bermotif bitnik-bintik, ada pula yang halus, warnanya antara hijau keputih-putihan, hijau muda atau hijau gelap, tergantung dari varietas.

Biji mentimun terletak di dalam buah mentimun, berbentuk pipih dan banyak. Kulitnya berwarna putih hingga puith kekuning-kuningan. Biji ini dapat dimanfaatkan untuk perbanyakan tanaman mentimun.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan mentimun secara singkat. Semoga kamu lebih mengenal ciri ciri tanaman mentimun ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi markisa :)