KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI NANAS

Artikel tentang tanaman nanas ini akan menjelaskan ciri ciri nanas lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nanas (klasifikasi dan deskripsi nanas).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nanas

Nanas adalah tanaman buah berupa semak. Nanas berasal dari Amerika Selatan dan pada abad ke-16, orang Spanyol membawa tanaman nanas ke Filipina dan Semenanjung Malaysia dan pada akhirnya masuk ke wilayah nusantara.

Awalnya, tanaman nanas hanya ditanam di pekarangan rumah, kemudian seiring perkembangannya nanas mulai dikebunkan di seluruh wilayah Indonesia. Tanaman nanas ini termasuk tanaman yang tahan kering karena kemampuannya untuk menyimpan air di ketiak daun, jadi tidak perlu terlalu sering disiram.

Lahan yang ideal untuk nanas adalah tanah yang mengandung banyak bahan organik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nanas :


Klasifikasi Tanaman Nanas

Apa klasifikasi ilmiah nanas ?


Nama ilmiah nanas atau nama latin nanas adalah Ananas comosus (L.) Merr. Klasifikasi tumbuhan nanas adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Poales
FAMILI : Bromeliaceae
GENUS : Ananas Mill.
SPESIES : Ananas comosus (L.) Merr.

Tabel : klasifikasi nanas


Morfologi Tanaman Nanas

Apa ciri ciri morfologi nanas / ciri ciri tumbuhan nanas ?

Ciri khusus nanas / ciri khas nanas yaitu :


Morfologi Akar Nanas

Akar buah nanas bisa kita bedakan menjadi akar tanah dan akar samping. Akar tumbuh dari batang kemudian masuk ke dalam ruang antara batang dan daun. Bentuk akar tanaman nanas akan menjadi pipih dan melingkar karena akar dalam keadaan terjepit.

Morfologi Daun Nanas

Daun tanaman nanas tidak mempunyai tulang, dan panjangnya bisa mencapai 90 cm tergantung dari jenis varietasnya. Letak daun nanas umumnya tegak agak ke atas dari bagian tengah batang. Ujung daunnya memanjang dan runcing. Warna daun nanas bisa hijau tua, merah tua bergaris, atau kemerahan tergantung jenis varietas.

Morfologi Batang Nanas

Batang tanaman nanas pendek, tertutup oleh daun-daun dan akarnya. Panjang batang tanaman nanas kira-kira berkisar antara 20 hingga 30 cm, batang bagian bawah berukuran antara 2-3,5 cm, bagian atas 5,5-6,5 cm, dan di bagian puncak mengecil.

Batangnya beruas-ruas pendek, bisa terlihat jika daunnya dilepas. Panjang ruas bervariasi antara 1-10 mm, ruas yang lebih panjang terletak di bagian tengah.

Morfologi Bunga Nanas

Buah nanas memiliki rangkaian bunga majemuk pada ujung batang. Bunga akan terbuka setiap hari dan jumlahnya kira-kira 5 hingga 10 kuntum. Pertumbuhan bunga dimulai dari bagian dasar menuju bagian atas dan memakan waktu antara 10 hingga 20 hari. Waktu dari penanaman hingga berbentuk bunga yaitu sekitar 6-16 bulan.

Morfologi Buah Nanas

Buah nanas adalah buah majemuk yang terbentuk dari gabungan 100-200 bunga dan bentuknya bulat panjang. Bekas putik bunga akan menjadi mata buah nanas seperti yang kita kenal selama ini. Ukuran, bentuk, rasa, dan warna buah tergantung dari jenis varietasnya. Buah bisa dipanen sekitar 5-6 bulan setelah tanaman berbunga, dan di bagian atas terdapat mahkota bunga yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nanas secara singkat. Semoga kamu lebih paham akan ciri ciri tanaman nanas ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi mentimun :)