KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI NANGKA

Artikel tentang tanaman nangka ini akan menjelaskan ciri ciri nangka lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nangka (klasifikasi dan deskripsi nangka).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nangka

Tanaman nangka atau dalam Bahasa Inggris disebut Jackfruit, adalah tanaman musiman yang berasal dari daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman mangka dibudidayakan secara luas dan menjadi bahan baku makanan popular di negara-negara tropis, bahkan di negara Bangladesh, Nangka menjadi buah nasional.

Bentuk dari susunan tubuh luar atau morfologi tanaman nangka terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nangka :


Klasifikasi Tanaman Nangka

Apa klasifikasi ilmiah nangka ?


Nama ilmiah nangka atau nama latin nangka adalah Artocarpus heterophyllus Lam. Klasifikasi tumbuhan nangka adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Moraceae
GENUS : Artocarpus J.R. Forst. & G. Forst.
SPESIES : Artocarpus heterophyllus Lam.

Tabel : klasifikasi nangka


Morfologi Tanaman Nangka

Apa ciri ciri morfologi nangka / ciri ciri tumbuhan nangka ?

Berikut ini ciri khusus nangka / ciri khas nangka :


Morfologi Akar Nangka

Struktur akar tanaman nangka berbentuk bulat memanjang, akarnya menembus tanah cukup dalam. Akar cabang dan bulu dari akarnya tumbuh ke segala arah.

Morfologi Batang Nangka

Tanaman nangka mempunyai batang berbentuk bulat panjang, strukturnya berkayu keras dan tumbuh tegak lurus ke atas dengan ketinggian bisa mencapai 25 m dan diameter bisa mencapai 80 cm.

Kayu tanaman nangka biasanya sering dimanfaatkan sebagai produksi instrument musik gamelan. Kayu tanaman nangka juga secara luas digunakan industri manufaktur furniture,seperti pembuatan pintu, jendela, dan konstruksi atap rumah.

Morfologi Daun Nangka

Daun tanaman nangka termasuk ke dalam golongan daun tunggal yang tumbuh dengan pola selang seling pada bagian ranting tanaman. Permukaan daun bagian atas memiliki tekstur yang licin dengan warna hijau, sedangkan permukaan daun bagian bawah berwarna hijau tua dengan tekstur yang kasar. Pangkal daun nangka mempunyai penumpu yang berbentuk segitiga dengan warna kecoklatan.

Morfologi Bunga Nangka

Tanaman nangka adalah tanaman berumah satu, yaitu terdapat bunga jantan dan bunga betina dalam satu tanaman. Bunga jantan berbentuk menyerupai gada, bengkok dan berwarna hijau tua, sedangkan bunga betina dicirikan berbentuk menyerupai gada silinder yang pipih.

Morfologi Buah dan Biji Nangka

Buah nangka adalah buah majemuk semu, artinya buah nangka tersusun oleh rangkaian bunga majemuk dan terlihat dari luar seperti hanya satu buah. Di dalam buah nangka terdapat dami-dami yang sebetulnya merupakan buah nangka yang tidak diserbuki.

Beralih ke bagian biji nangka. Bentuk biji nangka yaitu bulat lonjong, berukuran kecil dan berkeping dua (dikotil). Struktur biji nangka terdiri dari kulit luar yang berwarna kuning agak lunak, kulit berwarna putih, dan kulit yang berwarna coklat yang membungkus daging buah. Biji buah nangka juga sering dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran atau dimakan langsung dengan cara direbus terlebih dahulu.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nangka secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman nangka ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi nanas :)