KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PAKU TANDUK RUSA

Artikel tentang tumbuhan paku tanduk rusa ini akan menjelaskan ciri ciri paku tanduk rusa lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman paku tanduk rusa (klasifikasi dan deskripsi paku tanduk rusa).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Paku Tanduk Rusa

Paku tanduk rusa adalah tanaman paku-pakuan yang bersifat epifit, yaitu tanaman yang hidupnya menempel kuat pada benda atau pohon lain tetapi tidak merugikan tanaman yang menjadi inangnya. Paku tanduk rusa menyukai tempat yang tidak langsung terkena sorotan sinar matahari. Perkembangabiakannya dilakukan dengan spora atau dengan hanya memindahkan rimpangnya.

Paku tanduk rusa dapat dijumpai tumbuh liar di daerah Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara, Australia, New Guinea dan di semua daerah beriklim tropis di seluruh penjuru dunia. Tumbuhan ini biasa dipelihara di pekarangan rumah atau ditempelkan pada bagian batang pohon atau dapat juga digantungkan untuk memberikan kesan alami pada tanaman. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi paku tanduk rusa :


Klasifikasi Tanaman Paku Tanduk Rusa

Apa klasifikasi ilmiah paku tanduk rusa ?


Nama ilmiah paku tanduk rusa atau nama latin paku tanduk rusa adalah Platycerium bifurcatum. Klasifikasi tumbuhan paku tanduk rusa adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Polypodiophytina
KELAS : Polypodiopsida
SUB KELAS : Polypodiidae
ORDO : Polypodiales
FAMILI : Polypodiaceae
GENUS : Platycerium Desv.
SPESIES : Platycerium bifurcatum (Cav.) C. Chr.

Tabel : klasifikasi paku tanduk rusa


Morfologi Tanaman Paku Tanduk Rusa

Apa ciri ciri morfologi paku tanduk rusa / ciri ciri tumbuhan paku tanduk rusa ?


Ciri khusus paku tanduk rusa / ciri khas paku tanduk rusa & struktur morfologi paku tanduk rusa yaitu :

Morfologi Akar Paku Tanduk Rusa

Akar paku tanduk rusa tumbuh berumbai dari rimpang pendek yang dikenakan dari daun basal dan daun subur. Paku tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu adalah akar dan ripang batang yang membentuk bongkahan menyerupai kol berwarna cokelat.

Paku tanduk rusa adalah epifit sejati dengan akar lunak bergerombol yang melekat di batang pohon lain atau bebatuan. Akar ini tumbuh pada rimpang lunak namun liat dan sulit dipotong dan tumbuh pendek, cenderung tidak menjalar.

Morfologi Batang Paku Tanduk Rusa

Batang paku tanduk rusa yaitu berupa rimpang. Batang dan akar adalah pokok penumpu pada batang inang. Tumbuhan paku tanduk rusa ini mempunyai tampilan yang khas, yaitu memiliki dua tipe ental yang berbeda secara bentuk dan fungsi, dan salah satu tipe entalnya bercabang-cabang menyerupai tanduk rusa.

Morfologi Ental Paku Tanduk Rusa

Ental agak tebal, tumbuh dari rimpang, dengan dua tipe bentuk, yaitu tipe steril yang melebar menutupi rimpang berbentuk perisai dan tipe fertil yang menjuntai berfungsi sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun. Ental yang menjuntai dapat bercabang-cabang mendua dan dapat mencapai panjang satu meter bahkan lebih, tergantung jenisnya.

Ental steril biasanya bercangap ke atas dan dapat “menangkap” sisa-sisa daun tanaman inang sehingga menjadi humus yang terperangkap pada bagian dalam perisai. Dengan demikian, ental ini memiliki fungsi pelindung rimpang dan menyediakan lingkungan lembab dan hara bagi akar.

Morfologi Daun Paku Tanduk Rusa

Daun paku tanduk rusa bertipe perisai, mengering dan berwarna kecokelatan, dari daun ini, akan tumbuh daun yang menjuntai ke bawah menyerupai tanduk rusa berwarna hijau. Daun perisai ini memberikan perlindungan dan unsur hara bagi akar yang melekat pada batang pohon atau pada tempat melekatnya. Permukaan daunnya kasar.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun tanduk rusa memiliki dua tipe daun, yaitu daun steril yang berbentuk perisai tegak, lalu daun fertile yang berbentuk seperti tanduk rusa dan menjuntai. Panjang daun tipe fertile ini bisa mencapai satu meter atau lebih.

Morfologi Bunga Paku Tanduk Rusa

Pada tumbuhan paku, tidak ditemukan adanya bunga, buah atau pun biji. Perbanyakannya melalui cara vegetatif dan cara generatif. Reproduksi aseksual dan seksual paku tandu rusa terjadi seperti pada lumut.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan paku tanduk rusa secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman paku tanduk rusa ya teman ! Baca juga morfologi tumbuhan nyamplung :)