KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PAPRIKA

Artikel tentang tanaman paprika ini akan menjelaskan ciri ciri paprika lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman paprika (klasifikasi dan deskripsi paprika).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Paprika

Pasti sudah kenal sama tanaman paprika? Tanaman ini termasuk varietas cabai tetapi bentuknya paling beda sendiri dengan saudaranya. Bentuknya itu seperti buah kesemek dan tidak memiliki rasa pedas seperti cabai lainnya. Sering disebut cabai manis, tanaman paprika ini banyak tumbuh di negara-negara bersuhu rendah seperti daerah Eropa, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Buah tanaman paprika sering dimanfaatkan sebagai bumbu atau bahan utama suatu masakan, campuran salad, atau juga bisa dimakan langsung. Paprika yang popular adalah paprika merah, kuning, jingga dan ungu, paprika hijau adalah paprika yang masih muda (belum berubah warna). Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi paprika :


Klasifikasi Tanaman Paprika

Apa klasifikasi ilmiah paprika ?


Nama ilmiah paprika atau nama latin paprika adalah Capsicum annuum L. Klasifikasi tumbuhan paprika adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Solanaceae
GENUS : Capsicum L.
SPESIES : Capsicum annuum L.

Tabel : klasifikasi paprika


Morfologi Tanaman Paprika

Apa ciri ciri morfologi paprika / ciri ciri tumbuhan paprika ?

Berikut ini ciri ciri khusus paprika / ciri khas paprika :


Morfologi Akar Paprika

Tanaman paprika mempunyai akar tunggang yang tumbuh lurus ke dalam tanah (mengikuti gaya gravitasi) dan akar serabut yang tumbuh menyebar ke samping. Perakarannya tidak dalam dan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur, mudah menyerap air dan subur.

Morfologi Batang Paprika

Tanaman paprika memiliki batang yang keras dan berkayu, bentuknya bulat melingkar, berwarna hijau gelap dan memiliki banyak percabangan. Batang utama tanaman paprika tumbuh tegak dan kuat, percabangannya lebih padat dan lebih rimbun jika dibandingkan dengan percabangan pada tanaman cabai lainnya. Akan muncul daun dan tunas di setiap ruas-ruas percabangan.

Morfologi Daun Paprika

Daun tanaman paprika mempunyai bentuk yang bulat meruncing serta tepi daun rata, tidak bergerigi/berlekuk. Ukuran daun paprika lebih besar dari ukuran daun cabai rawit. Daun paprika merupakan daun tunggal dan memliki tulang daun menyirip.

Kedudukan daun agak mendatar. Daun paprika memiliki tangkai daun yang melekat pada batang atau cabang. Jumlah daun pada setiap tanaman relatif banyak sehingga tanaman kelihatan rimbun.

Morfologi Bunga Paprika

Bunga cabai paprika adalah bunga tunggal yang berbentuk bintang dengan mahkota bunga berwarna putih. Bunga tumbuh menunduk/ke bawah pada ketiak daun. Penyerbukan bunga terjadi melalui penyerbukan sendiri (self pollinated), tapi bisa juga terjadi penyerbukan secara silang.

Morfologi Buah Paprika

Buah paprika akan terbentuk setelah terjadi penyerbukan bunga. Buah cabai paprika memiliki bermacam-macam bentuk, ukuran, warna, dan rasa. Biasanya, buah cabai berbentuk layaknya buah tomat, tetapi permukaannya bergelombang, lebhi besar dan pendek, atau berbentuk seperti genta besar atau bersegi-segi sangat jelas.

Buah paprika berongga pada bagian dalamnya. Buahnya berdaging tebal, agak manis dan tidak pedas, meskipun memiliki aroma pedas yang menusuk.

Morfologi Biji Paprika

Biji cabai paprika tidak seperti biji cabai lainnya, jumlahnya sedikit. Bentuk biji paprika bulat tipis, dan berwarna putih kekuning-kuningan. Biji tersusun bergerombol dan saling melekat. Ukuran biji paprika lebih besar dibandingkan biji cabai rawit. Biji-biji bisa digunakan untuk perbanyakan tanaman (benih).


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan paprika secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman paprika ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi padi (oryza sativa) :)