KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PEPAYA

Artikel tentang tanaman pepaya ini akan menjelaskan ciri ciri pepaya lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya (klasifikasi dan deskripsi pepaya).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Pepaya

Tentunya kita sudah sering mengkonsumsi buah pepaya, rasanya yang manis dan kadar air yang tinggi membuat buah pepaya menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya buahnya, dedaunan tanaman pepaya juga seringkali dimanfaatkan sebagai berbagai macam sayuran.

Tapi, masyarakat Indonesia khususnya di kawasan pulau Jawa baru mengenal tanaman pepaya sekitar tahun 1930. Berasal dari daerah Amerika Tropis, tanaman ini menyebar ke berbagai kawasan seperti Cina, Jepang, dan Asia Tenggara.

Tanaman tahunan ini termasuk adaptif dan sangat mudah tumbuh di berbagai cuaca. Tanaman pepaya bisa tumbuh di ketinggian 1-1000 m di permukaan laut dengan suhu di kisaran 22-26oC. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pepaya :


Klasifikasi Tanaman Pepaya

Apa klasifikasi ilmiah pepaya ?


Nama ilmiah pepaya atau nama latin pepaya adalah Carica papaya L. Klasifikasi tumbuhan pepaya adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Brassicales
FAMILI : Caricaceae
GENUS : Carica L.
SPESIES : Carica papaya L.

Tabel : klasifikasi pepaya


Morfologi Tanaman Pepaya

Apa ciri ciri morfologi pepaya / ciri ciri tumbuhan pepaya ?

Ciri khusus pepaya / ciri khas pepaya yaitu :


Morfologi Daun Tanaman Pepaya

Daun pepaya adalah daun tunggal, berukuran besar, bercanggap menjari (palmatifidus), bergerigi dan mempunyai bagian-bagian tangkai daun (petioles) dan helaian daun (lamina). Ujung daun pepaya meruncing, tangkai daunnya panjang dan berongga.

Permukaan daun pepaya licin (laevis), sedikit mengkilat (nitidus), daging seperti perkamen (perkamenteus). Susunan tulang daun-daun pepaya adalah menjari (palminervis), daun yang muda terbentuk di bagian tengah tanaman.

Morfologi Batang Tanaman Pepaya

Batang (caulis) pada tanaman pepaya berbentuk bulat dengan permukaan batang yang memperlihatkan bekas-bekas daun patahan tangkai daun. Arah tumbuh batang tanaman pepaya yaitu tegak lurus. Batangnya berongga dan tidak mempunyai cabang atau bercabang sedikit, tingginya bisa mencapai 5-10 m.

Morfologi Akar Tanaman Pepaya

Akar (radix) pepaya adalah akar dengan sistem akar tunggang (radix primaria), karena akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar-akar yang lebih kecil. Bentuk akar tanaman pepaya bulat dan berwarna putih kekuningan.

Struktur Morfologi Bunga Pepaya

Bunga pepaya termasuk bunga majemuk yang tersusun pada sebuah tangkai (pedunculus). Kelopak bunga mejmuk duduk pada tangkai daun. Ada 3 jenis bunga pada tanaman pepaya, yaitu bunga jantan (masculus), bunga betina (femiculus), bunga sempruna (hermaprodit).

Bunga jantan adalah bunga yang hanya mempunyai benang sari saja (uniseksual), bunga betina adalah bunga yang hanya memiliki putik saja, sedangkan bunga sempurna adalah bunga yang memiliki putik dan benang sari (biseksual).

Kelopak bunga terletak dalam satu lingkaran dengan 5 sepala yang saling menempel, mahkota dalam satu lingkaran dengan 5 petala yang saling berlepasan, Gynaecium dengan 5 pistillum saling berlekatan dan saling menumpang. Tandan bunga tanaman pepaya majemuk, pentasiklis primer dan simetri aktinomorf.

Tanaman pepaya termasuk dalam tanaman polygamous karena dalam satu tanaman mempunyai bunga jantan, bunga betina dan bunga banci besama-sama. Bunga pepaya memiliki bakal buah ber-ruang satu (unilocuralis). Tipe penyerbukan silang (autogaam).

Morfologi Buah Pepaya

Jenis buah pepaya merupakan buah sejati tunggal. Buah sejati tunggal adalah buah sejati yang terdiri dari bunga dengan satu calon buah saja. Buah ini dapat berisi satu biji atau lebih, dapat pula tersusun dari satu atau banyak daun buah.

Pepaya juga termasuk ke dalam golongan buah buni, artinya adalah daging buah mempunyai dua lapisan, lapisan luar yang tipis dan kaku seperti kulit, dan lapisan dalam yang tebal, lunak dan berair, bagian lapisan dalam ini yang biasanya dikonsumsi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan pepaya secara singkat. Semoga kamu lebih mengenal ciri ciri tanaman pepaya ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi paprika :)