KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PINUS

Artikel tentang tanaman pinus ini akan menjelaskan ciri ciri pinus lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pinus (klasifikasi dan deskripsi pinus).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Pinus

Sebenarnya, kata ‘pinus’ yaitu untuk merujuk pada famili tumbuhan, tetapi orang Indonesia sering menggunakan kata pinus untuk menyebut tanaman pinus merkusii. Jadi, penyebutan kata ‘pinus’ dalam artikel ini adalah dimaksudkan untuk tumbuhan Pinus merkusii.

Pinus merkusii adalah tanaman perdu yang tingginya mencapai 10 – 40 cm dan tumbuh di ketinggian 300 sampai 1.800 meter di atas permukaan laut. Pohon pinus sering dimanfaatkan kayunya untuk diolah menjadi furnitur, perabot rumah tangga, korek api, sumpit dan lain sebagainya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pinus :


Klasifikasi Tanaman Pinus

Apa klasifikasi ilmiah pinus ?


Nama ilmiah pinus atau nama latin pinus adalah Pinus merkusii Jungh. & Vriese ex Vriese. Klasifikasi tumbuhan pinus adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Pinopsida
SUB KELAS : Pinidae
ORDO : Pinales
FAMILI : Pinaceae
GENUS : Pinus L.
SPESIES : Pinus merkusii Jungh. & Vriese ex Vriese

Tabel : klasifikasi pinus


Morfologi Tanaman Pinus

Apa ciri ciri morfologi pinus / ciri ciri tumbuhan pinus ?

Adapun ciri ciri khusus pinus / ciri khas pinus yaitu :


Morfologi Akar Pohon Pinus

Perakaran pada tanaman pinus adalah akar tunggang. Struktur perakarannya kuat mencengkram tanah, bercabang-cabang dan umumnya berwarna cokelat. Akar lembaga akan terus tumbuh menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar yang lebih kecil, menyebabkan daerah perakaran menjadi luas dan jangkauan penyerapan air dan unsur hara lebih luas juga.

Morfologi Batang Pinus Merkusii

Pohon pinus mempunyai batang yang di bagian bawahnya lebih besar dan semakin ke atas semakin mengecil, sehingga jika dilihat dari kejauhan membentuk seperti kerucu atau limas yang memanjang. Bentuk batangnya membulat, tajuk pohon muda berbentuk menyerupai piramid, setelah tua menjadi lebih menyebar dan rata.

Arah tumbuh batang pinus yaitu tegak lurus ke atas (erectus). Permukaan batang pinus retak-retak dan berwarna kecokelatan. Percabangan batangnya monopodial, yaitu batang pokok tampak lebih jelas dan lebih cepat pertumbuhannya dari pada cabang-cabang.

Morfologi Daun Pinus Merkusii

Daun tanaman pinus merupakan daun majemuk. Tidak ada bagian yang lebar dari bentuk daun pinus, dari pangkal sampai ujung daun hampir sama lebarnya. Panjang daun sekitar 10 – 20 cm. bagian pangkal daun pinus diselubungi sisik berupa selaput tipis.

Ujung daun pinus meruncing dan pangkal daunnya rompang serta bagian tepi daun merata. Rantingnya berukuran pendek berbentuk seperti jarum.

Morfologi Bunga Pinus

Pinus merkusii merupakan tanaman berumah satu (monoecus unisexsualis). Bunga pinus terbagi menjadi bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan berbentuk silindris dengan panjang 2 – 4 cm, sedangkan bunga betina berbentuk kerucut, ujungnya runcing, bersisik, berwarna cokelat, dan pada setiap bakal biji terdapat sayap.

Bunga muda berwarna kuning, dan setelah tua berubah warna menjadi coklat. Bunga betina banyak terdapat di sepertiga bagian atas tajuk terutama di ujung dahan.

Morfologi Buah dan Biji Pinus

Pinus merkusii mempunyai buah yang berbentuk kerucut, slinidris dengan panjang 5 – 10 cm serta lebar kira-kira 2 – 4 cm. Bijinya berbentuk pipih atau bulat oval, dilengkapi dengan sayap yang dihasilkan pada setiap dasar bunga atau sisik buah. Setiap sisik menghasilkan dua biji. Warna biji pinus umumnya putih kekuningan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan pinus secara singkat. Semoga menambah wawasan kamu dalam mengenal ciri ciri tanaman pinus ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi pepaya :)