KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI POHON AKASIA

Artikel tentang pohon akasia ini akan menjelaskan ciri ciri akasia lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman akasia (klasifikasi dan deskripsi akasia).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Akasia

Tanaman akasia adalah tanaman yang berasal dari Australia kemudia tanaman  ini menyebar ke daerah tropis dan daerah beriklim sedang, termasuk Eropa, Asia selatan, dan Amerika. Nama ‘akasia’ berasal dari Bahasa Yunani ‘akis’ yang berarti ‘duri’.

Tanaman akasia dapat tumbuh dengan cukup cepat dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan cuaca, tetapi meskipun demikian tanaman ini tetap membutuhkan perawatan khusus jika ditanam sebagai tanaman kebun karena daunnya seringkali yang banyak berguguran. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi akasia :


Klasifikasi Tanaman Akasia

Apa klasifikasi ilmiah akasia ?


Nama ilmiah akasia atau nama latin akasia adalah Acacia Mill. Tanaman ini mempunyai lebih dari 1000 spesies. Klasifikasi tumbuhan akasia adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Acacia Mill.

Tabel : klasifikasi akasia


Morfologi Tanaman Akasia

Apa ciri ciri morfologi akasia / ciri ciri tumbuhan akasia ?


Ciri khusus akasia / ciri khas akasia & struktur morfologi akasia yaitu :

Morfologi Akar Akasia

Akar tanaman akasia adalah akar tunggang dan berwarna putih.

Morfologi Batang Akasia

Tanaman akasia berupa pohon dengan tinggi 15 sampai 20 meter, kecuali pada tempat yang kurang menguntungkan akan tumbuh lebih lebih kecil antara 7 sampai 10 meter. Batang akasia berdiri tegak, berkayu keras, beralur longitudinal, berbentuk bulat dan warnanya bervariasi mulai dari cokelat gelap, cokelat terang hingga putih kotor.  Beberapa spesies tanaman akasia ada yang berduri dan tidak berduri.

Morfologi Daun Akasia

Daun tanaman akasia adalah daun majemuk yang terdiri dari banyak anak daun serta letaknya saling berhadapan. Daun ini menyirip, berbentuk lonjong, bagian tepi daun merata, bagian ujung dan pangkal daun tumpul, pertulangan daun menyirip serta berwarna hijau. Panjang daun akasia sekitar 5 sampai 20 cm dengan lebar 1 sampai 2 cm.

Akasia adalah tumbuhan polong, dengan getah dan daunnya biasanya mempunyai kandungan tannin dalam jumlah besar. Setelah tumbuh beberapa minggu, tanaman akasia tidak menghasilkan lagi daun sebenarnya, tetapi tangkai daun tumbuh melebar dan berubah menjadi daun semu.

Morfologi Bunga Akasia

Bunga tanaman akasia adalah majemuk yang berkelamin dua dan berbentuk seperti kuku serta berwarna putih. Bunga akasia muncul di ketiak daun. Kelopak berbentuk silindris, benang sari berbentuk silindris, kepala sari berbentuk seperti ginjal, dan mahkota berwarna putih.

Morfologi Buah Akasia

Buah akasia berbentuk polong dan berwarna hijau ketika masih muda, lalu menjadi cokelat setelah tua. Bijinya berbentuk lonjong dan pipih serta berwarna cokelat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan akasia secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman akasia ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi zaitun :)