KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI PUCUK MERAH

Artikel tentang tanaman pucuk merah ini akan menjelaskan ciri ciri pucuk merah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pucuk merah (klasifikasi dan deskripsi pucuk merah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah adalah tanaman hias yang sedang populer di Indonesia. Nama pucuk merah ini diambil dari tunas daun yang baru tumbuh pada bagian pucuk berwarna merah menyala. Warna merah ini yang menjadi daya tarik tanaman pucuk merah, tetapi warna ini akan segera pudar dan berganti warna cokelat kemudian berubah lagi menjadi warna hijau. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pucuk merah :


Klasifikasi Tanaman Pucuk Merah

Apa klasifikasi ilmiah pucuk merah ?


Nama ilmiah pucuk merah atau nama latin pucuk merah adalah Syzygium oleana. Klasifikasi tumbuhan pucuk merah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Myrtaceae
GENUS : Syzygium P. Br. ex Gaertn.
SPESIES : Syzygium oleana

Tabel : klasifikasi pucuk merah


Morfologi Tanaman Pucuk Merah

Apa ciri ciri morfologi pucuk merah / ciri ciri tumbuhan pucuk merah ?


Ciri khusus pucuk merah / ciri khas pucuk merah & struktur morfologi pucuk merah yaitu :

Morfologi Daun Pucuk Merah

Daun pucuk merah adalah daun tunggal yang berbentuk lancet, tangkai daunnya sangat pendek sehingga seolah-olah daun hampir langsung duduk di ranting. Pola letak daun ini saling berhadapan dan permukaan daun bagian atas mengkilat.

Warna daun pucuk merah ketika baru tumbuh berwarna merah menyala, lalu mengalami perubahan menjadi warna cokelat dan berubaha lagi menjadi warna hijau. Ukuran panjang daun kurang lebih 6 cm dengan lebar 2 cm. pertulangan daun pucuk merah menyirip.

Morfologi Akar & Batang Pucuk Merah

Batang pucuk merah berbentuk membulat dan keras berkayu, seperti pohon dari famili Syzygium biasanya. Tinggi batangnya bisa mencapai 5 meter jika tidak dipangkas. Akar pucuk merah adalah akar tunggang, sehingga bisa menopang pohonnya yang tinggi.

Morfologi Bunga Pucuk Merah

Bunga pucuk merah merupakan bunga majemuk yang tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga sudah mekar, maka akan tampak kepala putik yang berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek dibanding benang sarinya. Letak putik tepat berada di tengah. Tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan berjumlah banyak.

Morfologi Buah Pucuk Merah

Buah pucuk merah berbentuk bulat agak pipih. Di bagian tengah permukaan atas buah terdapat cekungan. Diameter buah ini kira-kira 0,7 cm. buah ini berwarna hitam mengkilat ketika sudah tua, rasanya manis dan memiliki aroma khas tanaman famili jambu-jambuan.

Biji pucuk merah berbentuk bulat tidak sempurna, permukaannya tidak rata dan berwarna coklat agak keungu-unguan serta diameternya kurang lebih 3 – 4 mm. Secara alami, pucuk merah memperbanyak diri secara generatif (dengan biji), tetapi biasanya para petani memperbanyak tanaman pucuk merah ini secara vegetatif (cangkok atau stek batang) jika hendak dikomersialkan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan pucuk merah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman pucuk merah ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi pandan :)