KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI RAMBUTAN

Artikel tentang tanaman rambutan ini akan menjelaskan ciri ciri rambutan lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan (klasifikasi dan deskripsi rambutan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rambutan

Kamu pasti sudah mengetahui tanaman rambutan, tanaman yang berbentuk pohon ini sangat digemari karena buahnya yang menyegarkan dan mempunyai rasa yang manis. Tanaman ini merupakan tanaman buah tropis, hidup di dataran rendah dengan suhu 25oC. Tanaman rambutan umumnya mempunyai tinggi kira-kira 25 meter dan memiliki percabangan yang banyak.

Tanaman ini biasanya ditanam di halaman depan dan pekarangan rumah agar bisa menciptakan suasana yang teduh dan rindang, tetapi, ada juga yang menanam tanaman rambutan di pot sebagai tanbulampot (tanaman buah dalam pot). Sebutan dalam Bahasa Inggris untuk tanaman ini adalah tetap ‘rambutan’, karena tanaman ini asli berasal dari wilayah Nusantara. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rambutan :


Klasifikasi Tanaman Rambutan

Apa klasifikasi ilmiah rambutan ?


Nama ilmiah rambutan atau nama latin rambutan adalah Nephelium lappaceum L. Klasifikasi tumbuhan rambutan adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Sapindaceae
GENUS : Nephelium L.
SPESIES : Nephelium lappaceum L.

Tabel : klasifikasi rambutan


Morfologi Tanaman Rambutan

Apa ciri ciri morfologi rambutan / ciri ciri tumbuhan rambutan ?

Ciri khusus rambutan / ciri khas rambutan yaitu :


Struktur Morfologi Daun Rambutan

Morfologi daun pohon rambutan berbentuk daun majemuk yang letaknya berselang-seling dengan jumlah anak daun 2 sampai 4 pasang. Helaian daun rambutan berbentuk bulat lonjing dengan ukuran panjangnya sekitar 7 – 20 cm dan lebar 3 – 8 cm.

Ujung daun tanaman rambutan meruncing dan bagian tepi daunnya merata. Pertulangan daun rambutan berbentuk menyirip dengan tangkai yang bentuknya silindris dan berwarna hijau.

Morfologi Bunga Rambutan

Bunga tanaman rambutan adalah bunga majemuk yang tersusun dalam karangan dan diameter ukuran satuan bunganya 5 mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Pembungaan tanaman rambutan dipengaruhi oleh musim dan ketersediaan air.

Bunga rambutan terdiri dari kelopak (calix), mahkota (corolla), benang sari (stamen), dan putik (pistillum). Kelopak ini berfungsi untuk melindungi bunga ketika masih kuncup, sedangkan mahkota berguna sebagai hiasan bunga agar menarik perhatian serangga. Benang sari terdiri lagi dari tangkai sari, kepala sari dan serbuk sari. Lalu putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik, bakal buah dan bakal biji.

Struktur Morfologi Buah Rambutan

Beralih ke bagian paling mengagumkan dari tanaman ini, yaitu buah rambutan. Buah rambutan ini berbentuk bulat dan ada yang bulat lonjong dengan panjang sekitar 4 – 5 cm. Kulit buahnya berwarna hijau untuk yang masih muda, dan akan berubah warna menjadi kuning hingga merah ketika sudah matang.

Dinding buah tebal. Bijinya berbentuk elips, terbungkus oleh daging buah yang berwarna putih agak keruh yang dapat dikonsumsi. Daging buah rambutan ini mengandung air dan rasanya ada yang masam dan manis. Kulit biji tipis dan berkayu, biasanya akan terbawa ketika mengelupaskan daging buah dari bijinya.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rambutan secara singkat. Semoga menambah wawasan kamu dalam mengenal ciri ciri tanaman rambutan ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi pinus :)