KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI RIMBANG

Artikel tentang tanaman rimbang ini akan menjelaskan ciri ciri rimbang lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rimbang (klasifikasi dan deskripsi rimbang).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rimbang

Tanaman rimbang atau takokak adalah tanaman yang diduga berasal dari Amerika Serikat, dan sudah dikenal lama oleh masyarakat Meksiko sampai Brasil. Sekarang, tanaman ini sudah menyebar ke seluruh daerah beriklim tropis di dunia, tanaman ini bisa hidup hingga ketinggian dataran 2000 meter di atas permukaan laut. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rimbang :


Klasifikasi Tanaman Rimbang

Apa klasifikasi ilmiah rimbang ?


Nama ilmiah rimbang atau nama latin rimbang adalah Solanum torvum. Klasifikasi tumbuhan rimbang adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Solanaceae
GENUS : Solanum L.
SPESIES : Solanum torvum Sw.

Tabel : klasifikasi rimbang


Morfologi Tanaman Rimbang

Apa ciri ciri morfologi rimbang / ciri ciri tumbuhan rimbang ?


Ciri khusus rimbang / ciri khas rimbang & struktur morfologi rimbang yaitu :

Morfologi Pohon Rimbang

Sistem perakaran tanaman rimbang adalah perakaran tunggang, akar tunggang ini kemudian bercabang-cabang. Tanaman rimbang adalah tanaman pohon kecil tahunan yang dapat tumbuh sampai tiga meter tingginya dan kadang-kadang bisa lebih.

Batang rimbang bercabang, berambut dan berduri yang berwarna abu-abu. Batang rimbang jelas, sehingga batang ini digolongkan ke dalam tipe batang perdu. Bentuk dan permukaan batang membulat. Pohon takokak dikenal tahan terhadap penyakit yang menyerang batang. Tanaman rimbang tumbuh di kebun atau di halaman rumah, dalam kondisi tanah yang tidak terlalu berair dan cukup sinar matahari.

Morfologi Daun Rimbang

Daun tanaman rimbang adalah daun tunggal dan berwarna hijau. Daun tanaman rimbang termasuk daun tidak lengkap, karena daun hanya terdiri dari tangkai daun dan helaian daun. Letak daun rimbang selang-seling. Bagian ujung daun rimbang meruncing dan pangkal daun bertoreh. Bentuk daun rimbang adalah bulat telur.

Tepi helaian daun mempengaruhi bentuk daun karena dalamnya torehan yang kurang dari setengah panjang tulang cabang daun. Panjang daun rimbang sekitar 7 sampai 20 cm dengan lebar kira-kira 4 hingga 18 cm. Daunnya bercangap dan permukaannya ditutupi rambut tipis yang agak rapat. Tangkai daun berambut rapat dengan beberapa duri tempel.

Morfologi Bunga Rimbang

Bunga tanaman rimbang termasuk bunga majemuk dan majemuknya adalah majemuk campuran karena pada satu tangkai terdapat lebih dari satu bunga. Sepal bunga berwarna hijau, berjumlah lima dan berlekatan. Petal berwarna putih, berjumlah lima dan berlekatan. Stamen berjumlah sama dengan petal.

Tangkai perbungaan rimbang pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya ini berbentuk seperti bintang dan berwarna putih, yang di tengahnya kuning. Mahkota bunga berwarna putih dan berjumlah lima. Kepala sari berukuran besar dan tegak, menutupi putiknya. Bunga keluar dari ujung batang atau ketiak daun.

Morfologi Buah Rimbang

Buah rimbang adalah buah buni, banyak dan berbentuk bulat. Buahnya berwarna hijau muda atau hijau, dan jika sudah matang, buah berwarna kuning oranye dan licin. Buahnya bisa dimakan, baik yang muda maupun yang tua. Buah ini merupakan buah majemuk sejati dan berbiji banyak. Biji rimbang kusam, rata, berwarna kecokelatan, panjang 1,5 – 2 mm dan berbentik cakram.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rimbang secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rimbang ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman pucuk merah :)