KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI ROSELLA

Artikel tentang tanaman bunga rosella ini akan menjelaskan ciri ciri rosella lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rosella (klasifikasi dan deskripsi rosella).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rosella

Tanaman rosella adalah tanaman perdu yang diduga berasal dari India Timur dan kemudian menyebar ke wilayah beriklim tropis dan sub tropis, termasuk Indonesia. Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, asam amino, kalsium, dan protein.

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai minuman sejenis teh atau sirup, bahan pewarna dan perasa dalam pembuatan es krim dan puding.

Di wilayah India, masyarakat di sana memanfaatkan biji rosella untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan lesu. Di Sudan, tanaman rosella diolah menjadi minuman tradisional yang bernama Karkadeh.

Varietas tanaman rosella yang banyak dibudiayakan adalah varietas sabdariffa. Varietas sabdariffa ini memiliki kelopak bunga berwarna merah yang bisa diolah menjadi berbagai aneka minuman. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rosella :


Klasifikasi Tanaman Rosella

Apa klasifikasi ilmiah rosella ?


Nama ilmiah rosella atau nama latin rosella adalah Hibiscus sabdariffa L. Klasifikasi tumbuhan rosella adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malvales
FAMILI : Malvaceae
GENUS : Hibiscus L.
SPESIES : Hibiscus sabdariffa L.

Tabel : klasifikasi rosella


Morfologi Tanaman Rosella

Apa ciri ciri morfologi rosella / ciri ciri tumbuhan rosella ?


Ciri khusus rosella / ciri khas rosella & struktur morfologi rosella yaitu :

Morfologi Batang Rosella

Tanaman rosella memiliki batang yang berbentuk bulat dan berdiri tegak, berkayu dan berwarna merah. Batang rosella ini bercabang dan berserat. Tanaman rosella bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 sampai 5 meter dan mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun.

Morfologi Akar Rosella

Akar rosella adalah akar tunggal yang tumbuh cukup dalam.

Morfologi Daun Rosella

Daun tanaman rosella adalah daun tunggal dan berbentuk bulat oval. Pertulangan daun rosella menjari, bagian ujung daun menumpul, tepi daun bergerigi dan pangkal daun berlekuk. Panjang daun rosella sekitar 6 sampai 15 cm dengan lebar 5 sampai 8 cm. tangkai daun rosella berbentuk bulat, dan berwarna hijau dengan panjang 4 sampai 7 cm.

Morfologi Bunga Rosella

Rosella memiliki bunga yang berwarna cerah dan kelopak bunganya berwarna merah gelap. Bunga rosella ini muncul dari ketiak daun. Bunga rosella adalah bunga tunggal karena di setiap tangkainya hanya ada satu bunga. Bunga rosella ini memiliki 8 sampai 11 helai kelopak yang berbulu dan panjangnya 1 cm, pangkal ini saling berlekatan dan berwarna merah.

Morfologi Biji Rosella

Tanaman rosella memiliki biji yang bentuknya seperti ginjal dengan sudut meruncing dan berbulu. Panjang biji ini sekitar 5 mm dan lebar 4 mm. Buah rosella berwarna hijau tua dan berdiameter sekitar 5 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rosella secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rosella ya teman ! Baca juga klasifikasi paku resam :)