KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI ROTAN

Artikel tentang tumbuhan rotan ini akan menjelaskan ciri ciri rotan lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rotan (klasifikasi dan deskripsi rotan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rotan

Rotan adalah sekelompok palma dari famili Arecaceae yang memiliki habitus memanjat. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rotan :


Klasifikasi Rotan

Apa klasifikasi ilmiah rotan ?


Nama ilmiah rotan atau nama latin rotan adalah Calamus rotang. Klasifikasi tumbuhan rotan adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Arecales
FAMILI : Arecaceae
GENUS : Calamus L.
SPESIES : Calamus rotang L

Tabel : klasifikasi rotan


Morfologi Tanaman Rotan

Apa ciri ciri morfologi rotan / ciri ciri tumbuhan rotan ?


Ciri khusus rotan / ciri khas rotan & struktur morfologi rotan yaitu :

Morfologi Akar Rotan

Tanaman rotan mempunyai sistem perakaran serabut. Akar tanaman rotan berwarna keputh-putihan atau kekuningan. Pertumbuhan akar rotan tidak lebih cepat dari pertumbuhan batang.

Morfologi Sulur Rotan

Tanaman rotan adalah sejenis tanaman merambat yang membutuhkan penopang untuk berdiri, biasanya pohon pohon besar. Alat perambat rotan, disebut sulur panjat, muncul dan tumbuh dari ruas batang, serta panjangnya bermacam-macam.

Morfologi Batang Rotan

Tanaman rotan mempunyai batang yang berbentuk bulat atau segitiga dan memanjang. Pelepah dan tangkai daun rotan menempel pada ruas ruas batang. ruas batang ini dibatasi oleh buku buku. Tanaman rotan tumbuh mengarah ke atas. Batang rotan bersifat aktinomorf, yaitu jika dibagi dua, batang akan menjadi bagian yang setangkup.

Morfologi Daun Rotan

Tanaman rotan mempunyai daun yang majemuk dan pelepah daun yang duduk pada buku dan menutupi permukaan batang. Letak daun rotan sejajar atau berselang seling pada pelepah daun. Rotan mempunyai anak daun yang tumbuh di bagian atas pelepah. Daun rotan memiliki duri duri yang bentuk dan warnanya bermacam-macam.

Morfologi Bunga Rotan

Tanaman rotan mempunyai bunga majemuk yang terbungkus oleh seludang. Bunga rotan biasanya berumah satu, meskipun begitu terkadang ada bunga rotan yang berumah dua.

Bunga betina terdapat 3 putik, lalu bunga jantan mempunyai 5 benang sari. Bunga tanaman rotan mempunyai ukuran yang relatif kecil, sekitar 1 cm. warna bunga rotan bermacam macam, mulai dari kecokelatan, kehijauan atau krem.

Morfologi Buah Rotan

Tanaman buah rotant terdiri dari kulit luar yang beruoa susuk. Ukuran sisik ini bermacam-macam dan tergantung dari ukuran buah. Buah rotan memiliki permukaan yang halus, tetapi ada juga yang kasar dan berbulu. Buah rotan biasanya berbentuk bulat, bulat oval, atau lonjong.

Warnanya bermacam macam mulai dari kemerahan, coklat, coklat kemerahan, hijau atau kuning. Biji rotan terdapat di tengah buah rotan. Biji ini terbungkus oleh daging buah. Permukaan biji rotan biasanya merata dan halus, tetapi ada juga yang kasar.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rotan secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rotan ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi rosella :)