KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI RUMPUT GAJAH

Artikel tentang tumbuhan rumput gajah ini akan menjelaskan ciri ciri rumput gajah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rumput gajah (klasifikasi dan deskripsi rumput gajah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Rumput gajah mempunyai kegunaan sebagai pakan ternak, selain itu, rumput ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos.

Rumput ini akan terus menghasilkan anakan jika dipangkas secara teratur. Selain bermanfaat sebagai pakan ternak, rumput gajah juga berguna untuk mencegah erosi.

Rumput gajah umumnya disandingkan dengan tanaman budidaya tahunan. Morfologi rumput gajah yang rimbun, (bisa mencapai lebih dari 2 meter) berfungsi untuk menangkal angin pada tanaman budidaya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rumput gajah :


Klasifikasi Tanaman Rumput Gajah

Apa klasifikasi ilmiah rumput gajah ?


Nama ilmiah rumput gajah atau nama latin rumput gajah adalah Cenchrus purpureus. Klasifikasi tumbuhan rumput gajah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Poales
FAMILI : Poaceae
GENUS : Cenchrus L.
SPESIES : Cenchrus purpureus

Tabel : klasifikasi rumput gajah


Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Apa ciri ciri morfologi rumput gajah / ciri ciri tumbuhan rumput gajah ?


Ciri khusus rumput gajah / ciri khas rumput gajah & struktur morfologi rumput gajah yaitu :

Rumput gajah bisa tumbuh dengan optimal di berbagai tempat dengan ketinggian 0 sampai 3000 di atas permukaan laut. Rumput gajah bisa ditanam secara monokultur atau tumpang sari, dan biasanya rumput ini ditanam secara tumpang sari.

Morfologi Akar & Batang Rumput Gajah

Tanaman rumput gajah mempunyai sistem perakaran serabut yang dalam. Tanaman yang termasuk golongan tanaman monokotil ini berkembang dengan rimpangnya yang berukuran panjang ,dapat mencapai 1 meter.

Tanaman rumput gajah adalah tanaman berumur menahun yang tumbuh tegak lurus. Batang rumput gajah beruas ruas dan dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 3 hingga 5 meter. Rumput gajah ini membentuk rumpun berdiameter 1 meter.

Morfologi Daun Rumput Gajah

Tanaman rumput gajah mempunyai daun yang berbentuk meruncing dan berlekuk serta berdaun sejajar. Rumput gajah memiliki pelepah daun serta terdapat garis dasar di helaian daunnya. Panjang daun rumput gajah ini sekitar 16 sampai 90 cm dengan lebar kira kira 8 hingga 35 mm.

Permukaan daun rumput gajah halus atau diselimuti oleh rambut yang kaku dan pendek. Ibu tulang daunnya terlihat jelas di permukaan bawah daun.

Morfologi Bunga Rumput Gajah

Tanaman rumput gajah mempunyai perbungaan majemuk yang berbentuk malai, tingginya bisa mencapai 30 cm dan lebar 30 mm. Spikelet berukuran 5 sampai 7 mm. bunga rumput gajah ini bersifat soliter atau berkelompok lima di mana satu di antaranya fertile.

Perbungaan rumput gajah bagian bawah adalah bunga jantan sedangkan bagian atas adalah kumpulan bunga banci dan fertile. Rumput gajah biasanya diperbanyak dengan cara vegetatif.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rumput gajah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rumput gajah ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi rotan :)