KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SEMANGKA

Artikel tentang tanaman semangka ini akan menjelaskan ciri ciri semangka lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman semangka (klasifikasi dan deskripsi semangka).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Semangka

Semangka adalah tanaman tumbuhnya merambat dan populer karena buahnya yang sangat menyegarkan dan manis. Tanaman ini berasal dari wilayah Afrika, lalu menyebar ke wilayah tropis dan subtropis, wilayah Indonesia salah satunya. Tanaman yang bersifat semusim ini sangat digemari karena buahnya yang manis dan menyegarkan karena kadar air tinggi. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi semangka :


Klasifikasi Tanaman Semangka

Apa klasifikasi ilmiah semangka ?


Nama ilmiah semangka atau nama latin semangka adalah Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai. Klasifikasi tumbuhan semangka adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Cucurbitaceae
GENUS : Citrullus Schrad. ex Eckl. & Zeyh.
SPESIES : Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai

Tabel : klasifikasi semangka


Morfologi Tanaman Semangka

Apa ciri ciri morfologi semangka / ciri ciri tumbuhan semangka ?

Ciri khusus semangka / ciri khas semangka antara lain :


Morfologi Daun Semangka

Daun semangka mempunyai pola selang seling dan mempunyai tangkai daun. Helaian daun semangka lebar dan berbulu, menjari dengan ujung yang runcing. Panjang daun semangka sekitar 3-25 cm dengan lebar 1,5-5 cm. bagian tepi daun tanaman semangka bergelombang dan permukaan bawah daun berambut rapat pada tulangnya.

Morfologi Batang Semangka

Tanaman semangka adalah tanaman semusim, batangnya tumbuh merambat hingga mencapai panjang 3-5 meter. Sifat batangnya lunak, bersegi, berambut yang panjangnya 1,5-5 cm.

Morfologi Bunga Semangka

Bunga tanaman semangka muncul pada ketiak tangkai daun dan mempunyai warna kuning cerah. Ada tiga jenis bunga pada tanaman semangka, yaitu bunga jantan (staminate), bunga betina (pistillate), dan bunga sempurna (hermaphrodite). Pada umumnya tanaman semangka mempunyai bunga jantan dan bunnga betina dengan proporsi perbandingan 7:1.

Morfologi Buah Semangka

Buah semangka memiliki bentuk yang beragam dengan panjang 20 sampai 40 cm, diameternya 15 sampai 20 cm, dengan berat mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Buah semangka juga mempunyai bentuk yang bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat sempurna, bulat oval, dan lonjong, bahkan sekarang ada yang berbentuk kubus.

Kulit buah semangka yang menyelimuti daging buah berdaging dan tebal, permukaan luarnya terkesan licin. Daging kulit buah semangka ini disebut dengan albedo dan warnanya adalah putih. Bagian kulit semangka ini mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Warna kulit buah semangka beragam, ada yang berwarna hijau tua, kuning keputihan, atau hijau muda bergaris putih. Daging buah semangka renyah dan mengandung banyak air. Warna daging buah semangka umumnya berwarna merah, meskipun ada yang berwarna jingga dan kuning.

Morfologi Biji Semangka

Biji semangka berbentuk pipih memanjang berwarna hitam, putih, kuning, atau coklat kemerahan. Bahkan ada semangka yang tidak mempunyai biji (seedless), hal itu bisa terjadi karena tanaman semangka diberi hormon (zat pengatur tumbuh) pada bunga tanaman semangka. Teknik itu sering disebut partenopei.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan semangka secara singkat. Semoga menambah pengetahuan kamu mengenai ciri ciri tanaman semangka ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi rumput teki :)