KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SIRSAK

Artikel tentang tanaman sirsak ini akan menjelaskan ciri ciri sirsak lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman sirsak (klasifikasi dan deskripsi sirsak).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak dikenal dengan buah-nya yang manis kemasaman dan menyegarkan karena kadar airnya tinggi. Tidak hanya itu, banyak manfaat-manfaat lain dari tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini.

Daun sirsak contohnya, seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti misalnya diolah menjadi pestisida organik dengan cara mengekstrak daun-daun sirsak lalu disemprotkan ke tanaman budidaya. Bahkan, kulit batang tanaman sirsak bisa digunakan menjadi obat herbal yang berkhasiat mengobati diare dan bisul. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi sirsak :


Klasifikasi Tanaman Sirsak

Apa klasifikasi ilmiah sirsak ?


Nama ilmiah sirsak atau nama latin sirsak adalah Annona muricata L. Klasifikasi tumbuhan sirsak adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Annonaceae
GENUS : Annona L.
SPESIES : Annona muricata L.

Tabel : klasifikasi sirsak


Morfologi Tanaman Sirsak

Apa ciri ciri morfologi sirsak / ciri ciri tumbuhan sirsak ?

Berikut ini ciri ciri khusus sirsak / ciri khas sirsak :


Di Indonesia, tanaman sirsak mampu tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Perkembangbiakan tanaman sirsak yang paling baik adalah dengan melalui okulasi yang akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.

Morfologi Daun Sirsak

Daun sirsak berbentuk bulat seperti telur terbalik, berwarna hijau muda hingga hijau tua, ujung daunnya meruncing, pinggiran rata dan permukaan daun mengkilap.

Morfologi Bunga Sirsak

Bunga tanaman sirsak termasuk jenis bunga tunggal (flos simplex), artinya dalam satu bunga terdapat banyak putik sehingga seringkali juga dinamakan bunga berpistil majemuk. Bagian bunga tersusun secara spiral atau terpencar dalam lingkaran (hemicylis).

Mahkota bunga sirsak berjumlah 6 sepalum yang terdiri dari 2 lingkaran, bentuknya hampir segi tiga, tebal dan kaku, berwarna kuning keputih-putihan. Setelah tua dan mekar, mahkota bunga kemudian lepas dari dasar bunganya. Bunga keluar dari ketiak daun, cabang, ranting, atau pohon.

Bunga sirsak umumnya sempurna, tetapi kadang hanya ada bunga jantan dan bunga betina saja dalam satu pohon. Bunga sirsak melakukan penyerbukan silang karena biasanya tepung sari matang terlebih dahulu sebelum putiknya.

Morfologi Buah Sirsak

Buah tanaman sirsak termasuk jenis buah sejati berganda, yaitu buah yang berasal dari satu bunga dengan banyak bakal buah tetapi membentuk satu buah, buahnya memiliki duri sisik yang halus. Jika sudah tua, daging buah akan berwarna putih, lembek, dan berserat dengan biji yang banyak, warna biji coklat kehitaman.

Morfologi Biji Sirsak

Biji buah sirsak berwarna coklat gelap, berujung tumpul, permukaan halus mengkilat, dan keras. Ukurannya kira-kira 16,8 mm x 9,6 mm. jumlah biji dalam setiap satu buah bervariasi, kira-kira berkisar antara 20 sampai 70 butir biji normal, sedangkan biji yang tidak normal berwarna putih kecoklatan dan tidak berisi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan sirsak secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman sirsak ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi semangka :)