KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SRIKAYA

Artikel tentang tanaman srikaya ini akan menjelaskan ciri ciri buah srikaya lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman srikaya (klasifikasi dan deskripsi srikaya).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Srikaya

Tanaman srikaya adalah tanaman buah-buahan berupa pohon yang tumbuh ditanah berbatu, kering dan terkena cahaya. Tanaman yang berasal dari Hindia Barat ini memiliki berbagai manfaat bagi manusia.

Banyak penelitian yang dilakukan mengenai tanaman srikaya, mulai dari organ akar, kulit batang, daun, buah dan biji. Hal ini dikarenakan pada bagian – bagian tanaman srikaya mengandung beberapa senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, fenolik, kumarin, triterppenoid, steroid dan saponin. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi srikaya :


Klasifikasi Tanaman Srikaya

Apa klasifikasi ilmiah srikaya ?


Nama ilmiah srikaya atau nama latin srikaya adalah Annona squamosa L. Klasifikasi tumbuhan srikaya adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Annonaceae
GENUS : Annona L
SPESIES : Annona squamosa L

Tabel : klasifikasi srikaya


Morfologi Tanaman Srikaya

Apa ciri ciri morfologi srikaya / ciri ciri tumbuhan srikaya ?


Ciri khusus srikaya / ciri khas srikaya & struktur morfologi srikaya yaitu :

Morfologi Batang Srikaya

Batang tanaman srikaya pada dahannya berwarna cokelat muda, dan bagian dalamnya berwarna kuning. Pada bagian ranting berwarna cokelat dengan bintik cokelat muda. Kulit pohon srikaya tipis dan berarna keabu-abuan, getah kulitnya beracun.

Morfologi Daun Srikaya

Daun tanaman srikaya adalah daun tunggal, bertangkai, kaku dan tata letaknya berselang seling. Helai daun srikaya berbentuk lonjong hingga jorong menyempit. Ujung dan pangkal daun meruncing, dasar lengkung, bagian tepi daun merata, permukaan daun berwarna hijau, bagian bawah hijau kebiruan dan kadang sedikit berambut atau gundul.

Panjang daun srikaya kira-kira 5 sampai 17 cm dengan lebar 2 hingga 7,5 cm. Panjang tangkai daun sekitar 0,5 – 2,2 cm. Rasa daun pahit dan sedikit dingin.

Morfologi Bunga Srikaya

Bunga srikaya adalah bunga tunggal yang bergerombol pendek menyamping dengan panjang sekitar 2,5 cm dan tumbuh di ketiak daun atau ujung tangkai. Daun bunga srikaya berwarna hijau di bagian luarnya, dan ungu pada bagian bawah.

Daun bunga ini membujur dan panjangnya 1,6 sampai 2,5 cm dengan lebar 0,6 sampai 0,75 cm. Daun bunga bagian dalam sedikit lebih kecil atau sama besarnya.

Serbuk sari banyak, bergerombol, berwarna putih dan panjang kurang dari 1,6 cm. putik berwarna hijau muda, tiap putik membentuk semacam kutil, panjangnya sekitar 1,3 sampai 1,9 cm dengan lebar 0,6 – 1,3 cm yang tumbuh menjadi kelompok-kelompok buah.

Morfologi Buah Srikaya

Buah srikaya adalah buah semu dan berbentuk bola atau kerucut seperti jantung. Permukaan buahnya berbenjol-benjol dan berwarna hijau berbintik putih. Ukuran penampangnya 5 – 10 cm, menggantung pada tangkai yang cukup tebal.

Saat matang, anak buah akan memisahkan diri satu dengan yang lainnya. Daging buah berwarna putih kekuning-kuningan dan rasanya manis. Biji membujur di setiap karel, halus, berwarna cokelat tua hingga hitam dan panjangnya 1,3 – 1,6 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan srikaya secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman srikaya ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi bunga soka :)