KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TALAS

Artikel tentang tanaman talas ini akan menjelaskan ciri ciri talas lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman talas (klasifikasi dan deskripsi talas).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Talas

Tanaman talas adalah tanaman herba yang termasuk dalam golongan tanaman monokotil serta berumur tahunan. Tinggi tanaman talas berkisar 50 cm sampai 150 cm. Tanaman yang diduga berasal dari Asia Tenggara ini adalah tanaman umbi-umbian penting bagi Indonesia.

Talas sudah sangat populer di Indonesia, biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng atau dijadikan kripik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi talas :


Klasifikasi Tanaman Talas

Apa klasifikasi ilmiah talas ?


Nama ilmiah talas atau nama latin talas adalah Colocasia esculenta (L.) Schott. Klasifikasi tumbuhan talas adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Alismatales
FAMILI : Araceae
GENUS : Colocasia Schott
SPESIES : Colocasia esculenta (L.) Schott

Tabel : klasifikasi talas


Morfologi Tanaman Talas

Apa ciri ciri morfologi talas / ciri ciri tumbuhan talas ?


Ciri khusus talas / ciri khas talas & struktur morfologi talas yaitu :

Morfologi Akar Talas

Tanaman talas adalah tanaman berupa terna yang tegak. Tanaman talas mempunyai akar serabut yang dangkal yang tersusun dari sekelompok akar adventif.

Morfologi Batang Talas

Batang talas sangat pendek. Umumnya batang talas ini terbungkus oleh pelepah daun dan berbentuk umbi yang sering kali kita konsumsi. Batang talas terletak di dalam tanah, berwarna cokelat agak kehitaman dan terkadang terdapat bulu bulu yang halus. Batang ini berbentuk bulat dan jarak antar ruas batang sangat sempit atau pendek. Batang talas tumbuh dengan arah tegak.

Morfologi Daun Talas

Tanaman talas merupakan daun lengkap karena memiliki helaian daun, tangkai daun dan pelepah. Daun tanaman ini juga termasuk daun tunggal dan memiliki daun yang berjumlah 2 sampai 5 helai.

Tangkai daun talas lembut, berukuran panjang dan padat berisi, serta mempunyai banyak rongga udara yang membuat tanaman beradaptasi pada kondisi tergenang. Tangkai daun ini berwarna hijau, dan bergaris. Helaian daun berukuran 6 sampai 60 cm dengan lebar 7 sampai 53 cm, berbentuk bulat oval atau lonjong.

Ujung helaian daun meruncing, bagian bawahnya berlilin serta taju pangkalnya membulat. Daun talas berbentuk seperti perisai dan ibu tulang daunnya besar, bisa dibedakan dengan anak-anak tulang daun lainnya. Tepi daunnya merata serta pertulangan daun menjari.

Morfologi Bunga Talas

Perbungaan tanaman talas terdiri dari tongkol, seludang dan tangkai. Tangkainya berukuran 10 – 30 cm dan seludangnya berukuran 10 – 30 cm. Bunga jantan dan bunga betinanya terpisah, dengan bunga betina terletak di bawah dan bunga jantan di bagian atasnya.

Bunga mandul terletak di antara bunga jantan dan bunga betina. Buah talas adalah buah buni yang berwarna hijau dan bijinya berbentuk gelendong.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan talas secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman talas ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi srikaya :)