KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TANAMAN AGLAONEMA

Artikel tentang tanaman hias aglaonema ini akan menjelaskan ciri ciri aglaonema lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman aglaonema (klasifikasi dan deskripsi aglaonema).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Aglaonema

Tanaman Aglaonema atau biasa dikenal dengan tanaman sri rejeki adalah tanaman hias yang mempunyai daya tarik utama terletak pada keindahan daun-daunnya. Aglaonema termasuk ke dalam famili Araceae yang berkerabat dekat dengan Alocasia, Anthurium, Caladium, dan Dieffenbachia. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi aglaonema :


Klasifikasi Tanaman Aglaonema

Apa klasifikasi ilmiah aglaonema ?


Nama ilmiah aglaonema atau nama latin aglaonema adalah Aglaonema commutatum Schott. Klasifikasi tumbuhan aglaonema adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Alismatales
FAMILI : Araceae
GENUS : Aglaonema Schott
SPESIES : Aglaonema commutatum Schott
VARIETAS : Aglaonema commutatum var. commutatum Schott
VARIETAS : Aglaonema commutatum var. maculatum (Hook. f.) Nicolson

Tabel : klasifikasi aglaonema


Morfologi Tanaman Aglaonema

Apa ciri ciri morfologi aglaonema / ciri ciri tumbuhan aglaonema ?


Ciri khusus aglaonema / ciri khas aglaonema & struktur morfologi aglaonema yaitu :

Jenis Akar Aglaonema

Tanaman aglaonema adalah tanaman monokotil atau berbiji tunggal dan memiliki akar serabut yang berfungsi untuk mencari nutrisi dan air. Akar aglaonema berwarna putih dan berair jika tanaman dalam kondisi sehat. Sedangkan dalam kondisi sakit, akar tanaman berwarna cokelat dan kurus.

Morfologi Batang Aglaonema

Tanaman aglaonema mempunyai batang yang relatif pendek. Warna batangnya bermacam-macam, mulai dari putih, hijau atau merah. Batangnya berbuku-buku dan cenderung berair serta tidak berkayu. Batang aglaonema berdiameter relatif kecil, yaitu sekitar 1 -3 cm atau bisa lebih.

Morfologi Daun Aglaonema

Bentuk daun tanaman aglaonema bermacam-macam mulai dari oval, oval tak beraturan, oval dengan ujung lancip hingga lanset. Daunnya tipis tetapi memiliki tekstur yang kaku. Daun aglaonema biasanya berwarna hijau bercorak atau bertotol-totol, ada jenis aglaonema yang daunnya berwarna merah, yaitu Aglaonema rotundum (red aglaonema). Tangkai daunnya relatif panjang, jika dibandingkan dengan luas permukaan daun. Daun-daun aglaonema saling bertaut membentuk sebuah pelepah. Corak daun aglaonema menjadi daya tertarik tersendiri bagi tanaman ini, coraknya yang indah berwarna abu-abu keperakan. Pada spesies alam, warna daun aglaonema hijau dengan corak putih atau abu-abu, sedangkan pada spesies silangan/hibrida, daun dominan berwarna merah atau kuning.

Ciri-Ciri Bunga Aglaonema

Bunga aglaonema kurang menarik jika dibandingkan dengan bunga pada tanaman lain. Serbuk sari atau bunga jantannya terletak di bagian atas, sedangkan putik atau bunga betina teletak di bagian bawah dekat pangkal. Bunga aglaonema terbungkus dalam seludang yang berwarna hijau pucat. Bunganya terbentuk seperti bunga talas atau keladi yang keluar dari ketiak daun, berwarna putih dan ditopang oleh batang yang panjang. Bunga aglaonema adalah bunga uniseksual, yaitu bagian bunga betina dan jantan terdapat dalam satu bunga.

Penyerbukan dalam tanaman aglaonema adalah penyerbukan silang, yaitu bunga betina dari satu tanaman diserbuki oleh bunga jantan dari tanaman lain. Setelah penyerbukan, bunga akan mengering kemudian bakal buah akan membesar.

Morfologi Buah Aglaonema

Setelah penyerbukan berhasil, bakal buah akan membesar dan menjadi buah-buah yang berbentuk lonjong seperti buah melinjo. Mula-mula buah berwarna hijau, kemudian pada perkembangannya buah akan berubah menjadi putih, kuning dan setelah matang berwarna merah. Buah akan muncul di pangkal bunga berbentuk tonjolan kecil. Bentuk buah menyerupai biji kopi dengan diameter mencapai 1 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan aglaonema secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman aglaonema ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi sukun :)