KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TANAMAN BELIMBING

Artikel tanaman belimbing ini akan menjelaskan ciri ciri belimbing lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman belimbing / klasifikasi dan deskripsi belimbing.


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing adalah tanaman buah yang berasal dari wilayah Malaysia, dan sekarang telah menyebar ke berbagai wilayah di negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia. Rata-rata tanaman belimbing ditanam di pekarangan-pekarangan rumah sebagai peneduh di halaman rumah.

Buah dari tanaman belimbing ini mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan dengan kandungan airnya yang banyak. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi belimbing  :


Klasifikasi Tanaman Belimbing

Apa klasifikasi ilmiah belimbing ?


Nama latin belimbing adalah Averrhoa carambola L. Klasifikasi tumbuhan belimbing adalah sebagai berikut:

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Spermatophyta
SUB DIVISI : Magnoliophyta
KELAS : Magnoliopsida
SUB KELAS : Rosidae
ORDO : Geraniales
FAMILI : Oxalidaceae
GENUS : Averrhoa
SPESIES : Averrhoa carambola L

Tabel : klasifikasi belimbing


Morfologi Tanaman Belimbing

Apa ciri ciri morfologi belimbing / ciri ciri tumbuhan belimbing ?

Berikut ini ciri khusus belimbing / ciri khas belimbing :


Tanaman belimbing adalah jenis tanaman yang berbentuk pohon yang tingginya mencapai. Batangnya keras dan kuat, seperti tanaman pohon pada umumnya. Jenis akar tanaman belimbing adalah akar tunggang. Tanaman belimbing memiliki percabangan yang banyak, arahnya agak mendatar sehingga pohon ini terlihat lebih rindang. Tanaman belimbing juga berbunga sepanjang tahun sehingga buahnya tidak memiliki musim.

Morfologi Daun Belimbing

Daun tanaman belimbing adalah daun majemuk yang menyirip ganjil dengan anak daun yang berbentuk seperti bulat tuler. Daunnya mempunyai ujung yang runcing, bagian tepi merata, permukaan bagian atas mengkilap dan permukaan bawah buram, panjangnya sekitar 1,75 cm sampai 9 cm dengan lebar 1,25 hingga 4,5 cm.

Morfologi Bunga Belimbing

Bunga tanaman belimbing merupakan bunga majemuk yang tersusun dengan baik, warnanya merah keunguan, muncul dari ketiak daun dan di ujung cabang, ada juga yang keluar dari dahannya. Bunga belimbing termasuk berkelamin ganda (hermaprodit), di dalamnya terdapat benang sari dan putik. Penyerbukannnya yaitu dengan perantara binatang, biasanya dibantu oleh lebah.

Morfologi Buah Belimbing

Buah belimbing adalah buah buni yang berusuk lima, jika dipotong-potong melintang akan berbentuk seperti bintang. Panjang buahnya kira-kia 4 cm sampai 12,5 cm. Daging buah belimbing mengandung banyak air dan saat buah matang, warnanya kuning. Rasanya manis sampai asam. Tanaman belimbing akan berbuah setelah berusia 2 – 5 tahun. Buah belimbing tergolong buah sejati tunggal berdaging.

Morfologi Biji Belimbing

Biji buahnya berwarna putih kecoklatan, berbentuk elips dengan kedua ujung lancip. Biji buah belimbing memiliki 2 lapisan, yaitu lapisan luar yang berwarna cokelat, dan lapisan dalam yang berwarna cokelat tua. Biji ini mengeluarkan cairan seperti lender yang merupakan bagian dari arilus.


Itulah penjelasan tanaman anggrek secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri tanaman belimbing & ciri fisik belimbing ya ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi tanaman anggrek :)