KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TEBU

Artikel tentang tanaman tebu ini akan menjelaskan ciri ciri tebu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tebu (klasifikasi dan deskripsi tebu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tebu

Sudah tahu tanaman tebu? Bahasa inggris tebu adalah sugarcane. Tebu merupakan bahan baku dalam industri pembuatan gula. Gula yang dihasilkan dari tanaman tebu adalah gula putih (gula pasir) karena berbentuk butiran-butiran kristal putih.

Ada beberapa peneliti yang berpendapat bahwa tanaman tebu ini berasal dari pulau Papua, dan ada pula yang berpendapat tanaman ini berasal dari India. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tebu :


Klasifikasi Tanaman Tebu

Apa klasifikasi ilmiah tebu ?


Nama ilmiah tebu atau nama latin tebu adalah Saccharum officinarum L. Klasifikasi tumbuhan tebu adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae (Monokotil)
ORDO : Poales
FAMILI : Poaceae
GENUS : Saccharum L.
SPESIES : Saccharum officinarum L.

Tabel : klasifikasi tebu


Morfologi Tanaman Tebu

Apa ciri ciri morfologi tebu / ciri ciri tumbuhan tebu ?


Secara morfologi, kita bisa membagi bagian-bagian tanaman tebu menjadi beberapa bagian, yaitu batang, daun, akar dan bunga. Ciri khusus tebu / ciri khas tebu yaitu :

Morfologi Batang Tebu

Struktur morfologi batang tanaman tebu tinggi ramping, tidak mempunyai cabang dan tumbuh tegak ke atas. Tinggi batang tebu bisa mencapai 3 sampai 5 meter atau bahkan lebih. Kulit batang tebu berstruktur keras, warnanya hijau, kuning, ungu, merah tua, atau gabungannya.

Ada lapisan lilin pada batang tebu yang berwarna putih keabu-abuan dan biasanya terdapat pada tanaman tebu yang masih muda. Ruas-ruas batang dibatasi oleh buku-buku yang merupakan tempat duduk daun. Pada ketiak daun terdapat sebuah kuncup atau mata tunas.

Morfologi Daun Tebu

Daun tanaman tebu merupakan daun tidak lengkap karena hanya terdiri dari pelepah dan helaian daun, tanpa tangkai daun. Daun berpangkal langsung pada buku batang dengan pola selang seling. Pelepah daun memeluk batang, makin ke atas makin sempit. Pada pelepah daun terdapat bulu-bulu dan telinga daun. Bentuk tulang daun tanaman tebu sejajar.

Morfologi Akar Tebu

Tebu memiliki akar serabut dengan panjang yang bisa mencapai satu meter. Sewaktu tanaman tebu masih muda atau masih berbentuk bibit, ada 2 macam akar, yaitu akar stek dan akar tunas. Akar stek berasal dari stek batangnya, tidak berumur panjang dan hanya berguna saat tanaman masih berumur muda.

Akar tunas berasal dari tunasnya, berumur panjang dan akan tetap ada selama tanaman masih hidup. Pada tanah yang sesuai, akar tebu dapat tumbuh panjang mencapai 1 meter.

Morfologi Bunga Tanaman Tebu

Bunga tebu adalah bunga majemuk yang tersusun atas malai dengan pertumbuhan terbatas. Panjang bunga majemuk yaitu sekitar 70-90 cm. setiap bunga mempunyai tiga daun kelopak, satu daun mahkota, tiga benang sari, dan dua kepala putik.

Proses terbentuknya gula di dalam batang tebu berlangsung dari ruas ke ruas yang tingkat kematangannya tergantung pada umur ruas, ruas di bawah yang lebih tua, lebih banyak tingkat kandungan gulanya dari pada ruas di atas yang lebih muda, demikian seterusnya hingga sampai ruas bagian pucuk. Tebu dapat dikatakan telah mencapai matang optimal jika kada gula seragam di sepanjang batang, kecuali beberapa ruas di bagian pucuk.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tebu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tebu ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi sirsak :)