KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TOMAT

Artikel tentang tanaman tomat ini akan menjelaskan ciri ciri tomat lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tomat (klasifikasi dan deskripsi tomat).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tomat

Kita sering bersentuhan dengan tomat, tomat ini salah satu komoditi pertanian penting di dunia. Banyak kegunaan dari tomat seperti yang telah kita ketahui, misalnya sebagai bahan makanan, pembuatan saus, atau bisa dikonsumsi secara langsung.

Tanaman tomat ini termasuk tanaman semusim (berumur pendek), yaitu tanaman yang hanya satu kali produksi dan setelah itu mati. Tanaman tomat berbentuk perdu yang panjangnya kurang lebih mencapai 2 meter. Makanya para petani tomat memberikan penopang atau ajir dari bamboo untuk menopang tanaman tomat agar tumbuh secara vertikal ke atas, tidak roboh di tanah. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tomat :


Klasifikasi Tanaman Tomat

Apa klasifikasi ilmiah tomat ?


Nama ilmiah tomat atau nama latin tomat adalah Solanum lycopersicum L. Klasifikasi tumbuhan tomat adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Solanaceae
GENUS : Solanum L.
SPESIES : Solanum lycopersicum L.

Tabel : klasifikasi tomat


Morfologi Tanaman Tomat

Apa ciri ciri morfologi tomat / ciri ciri tumbuhan tomat ?

Ciri khusus tomat / ciri khas tomat antara lain :


Morfologi Akar Tomat

Tanaman tomat mempunyai akar yang tumbuh menembus ke dalam tanah, dan akar serabut yang tumbuh ke arah samping tetapi tidak tumbuh terlalu jauh. Karena sifat sistem perakaran tomat ini, maka akan lebih baik jika tanaman tomat dibudidayakan di tanah yang gembur.

Morfologi Batang Tomat

Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, strukturnya lunak tetapi cukup kuat. Batang tanaman tomat juga mempunyai bulu atau rambut-rambut halus, dan di antara bulu-bulu itu terdapat rambut kelenjar.

Batang tomat mempunyai warna hijau, pada ruas-ruas batang mengalami penebalan, dan tumbuh akar-akar pendek pada bagian bawah. Selain itu, batang tanaman tomat mampu bercabang dan apabila tidak dipangkas, batang akan bercabang banyak yang menyebar secara merata.

Morfologi Daun Tomat

Daun tanaman tomat berbentuk oval, bergerigi di bagian tepinya dan membentuk celah-celah menyirip agak melengkung ke dalam. Daun tomat merupakan daun majemuk ganjil yang berjumlah 5 – 7. Warnanya hijau, ukuran panjangnya sekitar 15 – 30 dan lebar daun 10-25 cm dengan panjang tangkai daun 3-6 cm. Daun majemuk tomat tumbuh berselang seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman.

Morfologi Bunga Tomat

Bunga tanaman tomat mempunyai ukuran kecil, diameter sekitar 2 cm dan berwarna kuing cerah. Kelopak bunga yang berjumlah 5 buah dan berwarna hijau terdapat pada bagian bawah atau pangkal bunga. Di bunga tanaman terdapat mahkota bunga, bentuknya indah dan berwarna kuning cerah dengan ukuran sekitar 1 cm.

Dengan jumlah buah sekitar 6, tomat merupakan bunga sempurna karena benang sari atau tepung sari dan kepala putik terletak pada bunga yang sama. Bunga tomat tumbuh dari batang yang masih muda.

Morfologi Buah Tomat

Buah tomat memiliki bentuk yang beragam tergantung dari varietasnya. Ada buah tomat yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjang, oval, dan bulat persegi. Begitu juga dengan ukurannya, ada tomat yang berukuran paling kecil dengan berat 8 gram dan berukuran besar dengan berat hingga 180 gram.

Buah tomat yang masih mudah berwarna hijau muda dan berwarna merah jika sudah masak. Buah tomat banyak mengandung biji lunak yang licin dan berwarna putih kekuning-kuningan, tersusun secara berkelompok dan dibatasi oleh daging buah. Biji tomat saling melekat karena ada lender pada ruang-ruang di mana biji tersusun.

Daging buah tomat bertekstur lunak agak keras, berwarna merah jika sudah matang dan mengandung banyak air. Buah tomat juga memiliki selaput kulit tipis yang dapat dikelupas bila sudah matang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tomat secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tomat ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi temulawak :)