KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI UBI KAYU

Artikel tentang tanaman ubi kayu ini akan menjelaskan ciri ciri ubi kayu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ubi kayu (klasifikasi dan deskripsi ubi kayu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Kamu pasti sudah familiar dengan tanaman umbi-umbian ini, ubi kayu, singkong atau ketela pohon ini sudah lama dikenal dan ditanam oleh peradaban manusia. Hasil penelitian ilmuwan-ilmuwan botani menunjukkan kalau tanaman ubi kayu berasal dari kawasan Amerika yang beriklim tropis.

Penyebaran awal ubi kayu dimulai antara lain ke daratan Afrika, Madagaskar, India, Cina, dan negara-negara agraris lainnya. Di Indonesia sendiri ubi kayu sudah ada kurang lebih pada pertengahan abad ke-18. Ubi kayu jadi makanan pokok nomor tiga bagi penduduk Indonesia setelah padi (nasi) dan jagung. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ubi kayu :


Klasifikasi Tanaman Ubi Kayu

Apa klasifikasi ilmiah ubi kayu ?


Nama ilmiah ubi kayu atau nama latin ubi kayu adalah Manihot esculenta Crantz. Klasifikasi tumbuhan ubi kayu adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Manihot Mill.
SPESIES : Manihot esculenta Crantz

Tabel : klasifikasi ubi kayu


Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Apa ciri ciri morfologi ubi kayu / ciri ciri tumbuhan ubi kayu ?

Berikut ini ciri khusus ubi kayu / ciri khas ubi kayu :


Morfologi Batang Ubi Kayu

Batang tanaman ubi kayu ini berkayu, terlihat jelas dari namanya, mempunyai ruas-ruas dengan tinggi bisa mencapai lebih dari 3 m. Saat masih muda, biasanya warna batang tanaman yang toleran terhadap kekeringan ini berwarna hijau, baru saat sudah tua warnanya berubah menjadi keputih-putihan, kelabu, atau hijau kelabu.

Batang ubi kayu ini berlubang dan isinya itu empulur berwarna putih, lunak dengan struktur yang menyerupai gabus.

Morfologi Daun Ubi Kayu

Beralih ke organ daun ubi kayu, susunan daun ubi kayu ini berurat membentuk jari-jari dengan cangap 5 sampai 9 helai. Biasanya daun ketela yang masih muda sering dimanfaatkan sebagai sayuran dan dapat menetralisir rasa pahit sayuran lain.

Morfologi Umbi Ubi Kayu

‘Buah’ tanaman ubi kayu, atau lebih tepatnya umbi, pada awalnya adalah akar yang menggelembung karena mempunyai kegunaan sebagai tempat penampung makanan cadangan. Bentuk umbi biasanya bulat memanjang yang terdiri kulit luar tipis (berwarna coklat), kulit dalam yang agak tebal berwarna keputih-putihan, dan dagingnya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan tergantung dari varietas.

Morfologi Bunga Ubi Kayu

Bunga tanaman ubi kayu berumah satu dengan penyerbukan silang, mempunyai tenda bunga tunggal dengan panjang 1 cm. Bunga berada dalam tandan yang tidak rapat, terkumpul di ujung batang.

Bunga jantan mempunyai tenda bunga yang berbentuk seperti lonceng, bertajuk, benang sari, dan berseling panjang pendek, tertancap di sekitar penebalan dasar bunga yang kuning dan berlekuk. Lalu bunga betina, juga mempunyai tenda bunga, tonjolan penebalan dasar bunga yang warnanya kuning mengelilingi calon buah. Bentuk bunga betina seperti cincin dengan tangkai putik yang bersatu.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ubi kayu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ubi kayu ya teman ! Baca juga klasifikasi dan ciri ciri morfologi tomat :)