KLASIFIKASI DAN CIRI-CIRI TANAMAN TEMU GIRING

Artikel tentang temu giring ini akan menjelaskan ciri ciri temu giring lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman temu giring (klasifikasi dan deskripsi temu giring).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Temu Giring

Umbi tanaman ini banyak digunakan sebagai obat-obat tradisional, dijadikan bedak pemelihara kulit tubuh, dan bahan-bahan kosmetik tradisional lainnya. Sedangkan pati dalam umbi dapat diekstraks untuk membuat bubur. Umbinya juga mengandung Curcumin seperti yang terdapat pada kunyit.

Khasiat temu giring yang paling terkenal adalah sebagai obat cacing yang mampu membasmi cacing gelang karena banyak mengandung zat piperazin sitrat. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi temu giring :


Klasifikasi Tanaman Temu Giring

Apa klasifikasi ilmiah temu giring ?


Nama ilmiah temu giring atau nama latin temu giring adalah Curcuma heyneana. Klasifikasi tumbuhan temu giring adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Tracheophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Zingiberales
Famili : Zingiberaceae
Genus : Curcuma
Spesies : Curcuma Heyneana

Tabel : klasifikasi temu giring


Morfologi Tanaman Temu Giring

Apa ciri ciri morfologi temu giring / ciri ciri tumbuhan temu giring ?


Ciri khusus temu giring / ciri khas temu giring & struktur morfologi temu giring yaitu :

Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2 meter, menghasilkan rhizoma yang bercabang-cabang, silindris, dan tumbuh ke arah bawah, membentuk akar-akar umbi yang pahit. Daging rhizoma berwarna keputihan dan di bagian pusatnya berwarna kekuningan.

Daunnya hijau permanen, tandan bunganya terdiri atas kelopak yang menyempit ujungnya dan warnanya putih; mahkota bunganya merah di bagian tepi.

Di Jawa Tengah dan Jawa Barat, tanaman ini tumbuh liar di bawah hutan sekunder dan hutan jati pada ketinggian 5 — 750 meter di atas permukaan laut.

Dalam hal budidayan tanaman temu giring, tanaman dapat diperbanyak dengan potongan-potongan rhizomenya (rimpang), biasanya ditanam di pekarangan secara sederhana. Kebanyakan tanaman berbunga pada bulan September dan Desember. Teknik budidayanya hampir sama dengan temu ireng.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan temu giring secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman temu giring ya teman ! Baca juga klasifikasi tumbuhan temu mangga :)