KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI TANAMAN TEMU PUTIH

Artikel tentang temu putih ini akan menjelaskan ciri ciri temu putih lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman temu putih (klasifikasi dan deskripsi temu putih).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Temu Putih

Khasiat temu putih terletak pada akarnya dimana rhizome muda dapat dimakan sebagai sayur segar, irisan-irisan rhizome kering untuk obat dan kosmetik tradisional, sedangkan patinya dapat dimasak untuk bahan makanan. Daunnya sering untuk penyedap makanan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi temu putih :


Klasifikasi Tanaman Temu Putih

Apa klasifikasi ilmiah temu putih ?


Nama ilmiah temu putih atau nama latin temu putih adalah Curcuma zedoaria. Klasifikasi tumbuhan temu putih adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Curcuma L.
SPESIES : Curcuma zedoaria (Christm.) Roscoe

Tabel : klasifikasi temu putih


Morfologi Tanaman Temu Putih

Apa ciri ciri morfologi temu putih / ciri ciri tumbuhan temu putih ?


Ciri khusus temu putih / ciri khas temu putih & struktur morfologi temu putih yaitu :

Tanaman ini berasal dari pegunungan Himalaya. Di pulau Jawa ia tumbuh secara leluasa pada ketinggian 5 — 750 meter di atas permukaan laut, terutama di bawah hutan jati. Sedangkan untuk budidaya tanamannya, bibit yang digunakan adalah rhizome atau anakan muda; di Jawa ia berbunga pada awal Agustus dan berakhir pada bulan Mei.

Bibit ditanam dengan jarak 30 – 50 cm) x (15 – 30 cm) rhizome dibenamkan 5 – 8 cm. Pupuk kandang dan pupuk kalium dapat meningkatkan hasil rhizome.

Tanaman herba ini tumbuh tegap hingga setinggi 2 meter. Rhizomanya besar-besar, dengan dagingnya berwarna coklat kekuningan pucat. Umbi utamanya membulat dengan banyak cabang-cabang pendek dan akar umbi. Tiap batang semu mempunyai 5 daun yang panjang pelepahnya  ± 1 meter. Helai daunnya berukuran 35 x 13 cm; dengan ibu tulang daunnya berwarna ungu.

Bunganya tumbuh lateral dari rhizome, panjangnya ± 22 cm panjang malai 16 cm dengan kelopak hijau di pangkal malai dan ungu di ujung malai. Bunganya berwarna kuning pucat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan temu putih secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman temu putih ya teman ! Baca juga ciri tanaman akar tuba :)