KLASIFIKASI DAN DESKRIPSI LABU KUNING

Artikel tentang tanaman labu kuning ini akan menjelaskan ciri ciri labu kuning lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman labu kuning (klasifikasi dan deskripsi labu kuning).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Labu Kuning

Labu kuning atau waluh termasuk komoditas pangan yang telah banyak dikenal masyarakat. Di Indonesia, tanaman yang dalam Bahasa Inggrisnya bernaman‘pumpkin’ ini sering digunakan sebagai aneka olahan makanan berupa kolak waluh yang sangat manis,

Di negara Eropa dan Amerika Serikat, buah ini sering digunakan dalam perayaan Halloween dengan mengirisi buah hingga berbentuk seperti wajah. Labu kuning merupakan bahan pangan yang kaya akan vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat dan daging buahnya pun mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai anti kanker.

Buah mudanya dapat direbus untuk dijadikan sayuran, sedangkan buah tuanya dapat direbus atau digoreng sebagai kue. Bijinya yang mengandung minyak dapat digoreng dan enak dimakan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi labu kuning :


Klasifikasi Tanaman Labu Kuning

Apa klasifikasi ilmiah labu kuning ?


Nama ilmiah labu kuning atau nama latin labu kuning adalah Cucurbita moschata. Klasifikasi tumbuhan labu kuning adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Cucurbitaceae
GENUS : Cucurbita L.
SPESIES : Cucurbita moschata Duchesne

Tabel : klasifikasi labu kuning


Morfologi Tanaman Labu Kuning

Apa ciri ciri morfologi labu kuning / ciri ciri tumbuhan labu kuning ?


Ciri khusus labu kuning / ciri khas labu kuning & struktur morfologi labu kuning yaitu :

Morfologi Akar Labu Kuning

Perkecambahan biji labu menghasilkan akar pertama dan tunas, kemudian akan disusul dengan tumbuhnya akar-akar rambut yang semakin banyak dari waktu ke waktu. Radius yang bisa dicapai oleh akar labu bisa encapai 30 – 40 cm.

Morfologi Batang Labu Kuning

Labu adalah tanaman semusim yang tumbuh merambat/menjalar dengan kait di bagian batangnya dan jarang berkayu. Kait pada batang tanaman labu berbentuk melingkar seperti spiral. Batang tanaman ini berwarna hijau muda dan mempunyai bulu-bulu halus serta berakar lekat. Panjang batang bisa mencapai lebih dari 5 meter.

Morfologi Daun Labu Kuning

Daun-daunnya besar, berlekuk dangkal kadang berbecak putih, ukuran daun 20 x 30, tangkai daun panjangnya 12 – 30 cm. Daun tanaman labu merupakan daun tunggal yang memiliki pertulangan daun majemuk menjari. Daunnya menyebar di sepanjang batang. Bentuk daun labu menyerupai jantung dan bertangkai. Warna daun labu adalah hijau, seperti daun tanaman pada umumnya, dan permukaan daunnya kasar.

Morfologi Bunga Labu Kuning

Bunga tanaman labu berwarna kuning dan berbentuk menyerupai lonceng. Di dalam satu rumpun bunga terdapat bunga jantan dan bunga betina (uniseksual). Bunga jantan mempunyai tangkai yang tipis tapi panjang. Saat umur tanaman mencapai 1,5 bulan, bunga jantan akan muncul untuk pertama kalinya, lalu disusul dengan bunga betina. Penyerbukan tanaman labu terjadi dengan bantuan angin dan serangga.

Morfologi Buah Labu Kuning

Buah labu berbentuk bermacam-macam, ada yang berbentuk pipih, lonjong atau memanjang dengan alur yang berjumlah sekitar 15 hingga 30 alur. Buah labu yang masih muda berwarna hijau dan berubah menjadi kuning kecokelatan ketika tua. Ukuran pertumbuhan buah ini cepat sekali, mencapai 350 gram per hari.

Buahnya beragam, tidak berkulit keras, warnanya hijau pudar; daging buah kuning, bertekstur halus dengan serat-serat gelatin, bijinya berlemak, coklat gelap, asimetris. Contoh varietas : Sugar. Buttermet, Kentucky.

Buah labu kuning berwarna kuning jingga / orange dikarenakan banyak mengandung beta karoten yang berguna sebagai zat anti oksidan dan pro vitamin A. Daging buahnya jika dibelahkan akan terlihat penampang yang berbentuk bintang. Daging buah waluh kuning rasanya manis sedikit masam dengan tekstur yang renyah.

Morfologi Biji Labu Kuning

Tanaman labu umumnya memiliki banyak biji. Biji-biji labu ini berbentuk pipih, bundar telur (oval), sampai bundar memanjang. Bagian ujung biji labu membulat, sedangkan pada bagian pangkal meruncing. Permukaan bijinya licin dan buram. Letak biji ini terdapat bagian tegah-tengah buah.

Untuk budidaya tanaman labu kuning, pada umumnya ditanam pada musim kemarau setelah padi sawah pada lahan tegalan. Biasa ditanam pada akhir musim penghujan. Pengolahan tanah dilakukan untuk membuat bedengan, guludan, atau gundukan tanah. Jarak tanam beragam sekitar 100 – 150 cm, tiap liang tanam diisi 2 – 3 biji yang kemudian dijarangkan.

Pupuk NPK dapat diberikan untuk memperbaiki pertumbuhan dan menaikkan hasil buah. Dosisnya berkisar 600 – 800 kg/ha (Pupuk NPK 5 : 10 : 10). Pupuk kandang dapat diberikan pada saat pengolahan tanah, yakni dicampur dengan tanah atau ditempatkan di liang tanam. Jumlah pupuk yang diberikan sangat beragam.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan labu kuning secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman labu kuning ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi melon :)