KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI ARTEMISIA ANNUA

Artikel tentang tanaman artemisia annua ini akan menjelaskan ciri ciri artemisia annua lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman artemisia annua (klasifikasi dan deskripsi artemisia annua).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Artemisia Annua

Tanaman Artemisia (Artemisia annua L.) adalah tanaman yang berasal dari daerah subtropis dan bisa dibudidayakan di daerah tropis melalui pemuliaan. Tanaman Artemisia adalah tanaman yang menghasilkan senyawa kimi artemisinin, yaitu obat anti malaria. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi artemisia annua :


Klasifikasi Tanaman Artemisia Annua

Apa klasifikasi ilmiah artemisia annua ?


Klasifikasi tumbuhan artemisia annua adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Asterales
FAMILI : Asteraceae
GENUS : Artemisia L.
SPESIES : Artemisia annua L.

Tabel : klasifikasi artemisia annua


Morfologi Tanaman Artemisia Annua

Apa ciri ciri morfologi artemisia annua / ciri ciri tumbuhan artemisia annua ?


Ciri khusus artemisia annua / ciri khas artemisia annua & struktur morfologi artemisia annua yaitu :

Morfologi Akar Artemisia

Tanaman Artemisia mempunyai sistem perakaran serabut dan berwarna putih kekuningan.

Morfologi Batang Artemisia

Batang tanaman Artemisia berdiri tegak dan berwarna hijau kecoklatan. Bentuk batang ini yaitu bulat persegi. Tanaman Artemisia adalah tanaman berumur semusim dan memiliki percabangan yang banyak. tanaman ini bisa tumbuh tinggi mencapai 2 meter.

Tanaman Artemisia sudah lama dikenal oleh masyarakat tradisional Cina. Tanaman ini digunakan sebagai obat penurun panas dan demam. Cara penggunaannya yaitu dengan mencelupkan segenggam tanaman ini pada satu liter air, kemudian air perasan ini diminum. Tanaman Artemisia bisa tumbuh baik di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000 sampai 1500 meter di atas permukaan laut. Berikut adalah morfologi tanaman Artemisia.

Morfologi Daun Artemisia

Tanaman Artemisia mempunyai daun yang berjenis daun majemuk. Bentuk daun tanaman Artemisia ini yaitu bulat oval dan lonjong. Daun Artemisia ini tidak memiliki tangkai, jadi daun langsung duduk pada batang, serta susunannya berselang seling.

Helaian daun Artemisia ini memiliki bulu bulu dan tepi daun berjari lima. Panjang daun Artemisia ini sekitar 2,5 sampai 5 cm. Pangkal daun Artemisia tumpul dan ujung daunnya meruncing serta tepi daun bergerigi. Pertulangan daunnya terlihat jelas dan tegas.

Morfologi Bunga Artemisia

Tanaman Artemisia mempunyai bunga yang termasuk jenis bunga majemuk dan tersusun pada rangkaian berupa malai. Bunga Artemisia ini tumbuh merunduk di bagian ketiak daun dan ujung tangkai daun. Panjangnya bisa mencapai 30 cm. Kelopak bunganya berwarna hijau dan berbentuk seperti bintang dengan 5 lekukan.

Mahkota bertekstur halus dan mengelilingi cawan bunga tempat benang sari dan putik berada. Mahkota ini berdiameter sekitar 2 sampai 3 cm dan berwarna putih gading. Biji tanaman Artemisia berbentuk lanset dan berukuran kecil serta berwarna coklat. Tanaman artemisia termasuk tanaman yang menyerbuk silang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan artemisia annua secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman artemisia annua ya teman ! Baca juga klasifikasi anthurium :)