KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI BUAH NAGA

Artikel tentang buah naga ini akan menjelaskan ciri ciri buah naga lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman buah naga (klasifikasi dan deskripsi buah naga).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Buah Naga

Tanaman buah naga adalah tanaman memanjat dan mampu tumbuh optimal pada suhu 38 – 40oC. Tanaman ini sebenarnya tanaman kaktus (berasal dari famili Cactaceae). Nama buah ‘naga’ berasal dari penampilan batangnya yang menjulur mirip tubuh naga, dan buahnya yang bersisik seperti kepala naga. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi buah naga :


Klasifikasi Buah Naga

Apa klasifikasi ilmiah buah naga ?


Nama ilmiah buah naga atau nama latin buah naga adalah Hylocereus undatus. Klasifikasi tumbuhan buah naga adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Cactaceae Juss.
GENUS : Hylocereus (A. Berger) Britton & Rose
SPESIES : Hylocereus undatus (Haw.) Britton & Rose

Tabel : klasifikasi buah naga


Morfologi Tanaman Buah Naga

Apa ciri ciri morfologi buah naga / ciri ciri tumbuhan buah naga ?


Ciri khusus buah naga / ciri khas buah naga & struktur morfologi buah naga yaitu :

Morfologi Akar Buah Naga

Perakaran tanaman buah naga merupakan epifit, yaitu akar merambat dan menempel pada batang tanaman lain. Meskipun tanaman ini dicabut dari tanah, ia masih bisa terus hidup karena akar menyerap air dan mineral melalui akar udara yang ada pada batang. Perakaran tanaman buah naga tidak terlalu panjang, dan membentuk akar cabang. Dari akar cabang ini, akan tumbuh akar rambut yang sangat kecil, lembut dan banyak.

Morfologi Batang Buah Naga

Batang tanaman buah naga mengandung air dalam bentuk lender dan ketika sudah dewasa, tanaman ini berlapis lilin. Warna batangnya hijau kebiru-biruan atau ungu. Batang tanaman buah naga ini berbentuk siku atau segitiga, dan berukuran panjang. Batang dan cabang tanaman buah naga ini sekaligus berfungsi sebagai daun dalam proses asimilasi, itu sebabnya batang dan cabangnya berwarna hijau. Tanaman ini juga sering disebut kaktus tidak berduri.

Morfologi Bunga Buah Naga

Bunga tanaman buah naga berbentuk menyerupai corong memanjang dengan panjang sekitar 30 cm, dan akan mulai mekar di sore hari lalu mekar sempurna pada malam hari. Setelah mekar, warna mahkota bunga bagian dalam akan putih bersih dan di dalamnya terdapat benang sari berwarna kuning yang mengeluarkan aroma wangi. Aroma wangi ini akan menarik perhatian hewan-hewan dan membantu proses penyerbukan bunga.

Morfologi Buah Naga

Buah naga berbentuk lonjong menyerupai buah nanas, tetapi memiliki sirip. Kulit buah naga berwarna merah jambu dan terdapat sisik-sisik yang berwarna hijau seperti sisik naga. Buah naga memiliki daging buah seperti buah kiwi. Daging buahnya berwarna putih, merah atau merah tua, berair, dan bertaburan biji hitam kecil-kecil. Rasa buah ini manis agak sedikit asam dan menyegarkan. Ketebalan kulit buah naga mencapai 2 – 3 cm dan di permukaan kulit buah naga terdapat jambul yang berukuran 1 -2 cm.

Morfologi Biji Buah Naga

Biji buah naga berbentuk bulat dan berukuran kecil. Berwarna hitam, kulit biji ini sangat tipis tetapi keras. Biji ini bisa digunakan untuk perbanyakan tanaman secara generatif, tetapi jarang dilakukan karena cara ini membutuhkan waktu yang lama sampai tanaman memproduksi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan buah naga secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman buah naga ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman mimba :)