KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI BUNGA LAVENDER

Artikel tentang tanaman bunga lavender ini akan menjelaskan ciri ciri bunga lavender lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lavender (klasifikasi dan deskripsi lavender).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lavender

Kamu pasti sudah familiar dengan tanaman lavender, kita sering menyaksikan tanaman lavender ini di iklan komersial obat nyamuk. Tapi, selain sebagai obat, tanaman ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias karena aromanya yang khas dan bunganya yang memang cantik.

Tanaman lavender atau Lavandula termasuk ke dalam famili Lamiaceae dan berasal dari daerah selatan Laut Tengah sampai Afrika beriklim tropis, lalu kemudian menyebar ke Afrika Utara dan Timur, Eropa Selatan, Arab dan India. Selain digunakan sebagai tanaman obat, di daerah Eropa, bunga lavender menjadi bahan baku dalam industri parfum karena aromanya yang wangi. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lavender :


Klasifikasi Tanaman Lavender

Apa klasifikasi ilmiah lavender ?


Nama ilmiah lavender atau nama latin lavender adalah Lavandula angustifolia. Klasifikasi tumbuhan lavender adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Lavandula L.
SPESIES : Lavandula angustifolia Mill.

Tabel : klasifikasi lavender


Morfologi Tanaman Lavender

Apa ciri ciri morfologi lavender / ciri ciri tumbuhan lavender ?


Ciri khusus lavender / ciri khas lavender & struktur morfologi lavender yaitu :

Morfologi Batang Lavender

Tanaman obat lavender ini termasuk tanaman belukar pendek yang memiliki cabang banyak. Tanaman lavender tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, semakin tinggi dataran tempat ia tumbuh, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkan.

Tanaman bunga lavender ini bisa tumbuh mencapai tinggi sekitar 60 cm. Batang lavender bagian bawah mencapai cabang yang berkayu. Sulurnya berdiri tegak dan berbentuk menyerupai kumparan. tanaman lavender yang sudah tumbuh setinggi 10 cm harus sering mendapatkan sinar matahari.

Morfologi Daun Lavender

Daun tanaman lavender mempunyai pertulangan yang sejajar dengan bagian ujung daun meruncing. Bagian tepi daun lavender bergerigi. Daun tanaman lavender ini berbentuk bulat memanjang. Bagian bawah permukaan daun lavender terdapat ibu tulang yang terlihat jelas. Tanaman lavender berdaun banyak dan warna daunnya hijau.

Morfologi Bunga Lavender

Tanaman lavender memiliki bunga kecil yang berwarna ungu kebiruan dan tumbuh di bagian ujung cabang. Bunga tanaman lavender tersusun dari kumpulan bunga berjumlah 6 sampai 10 kuntum yang berbentuk spiral.

Bunga lavender memiliki kandungan minyak yang mengeluarkan aroma wangi. Bagian bunga ini biasanya dimanfaatkan dalam bentuk ekstrak bunga lavender. Bunga lavender memiliki bulu bulu halus pendek yang berjumlah banyak dan berwarna putih. Tanaman lavender biasanya diperbanyak secara generatif (menggunakan biji).


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lavender secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lavender ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi kumis kucing :)