KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI BUNGA NUSA INDAH

Artikel tentang bunga nusa indah ini akan menjelaskan ciri ciri bunga nusa indah lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman nusa indah (klasifikasi dan deskripsi nusa indah).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Nusa indah

Bunga nusa indah sering kali dijumpai di halaman rumah yang berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah tersebut. Tetapi, tanaman hias ini terkadang bisa tumbuh liar di semak dan lereng bukit. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunga nusa indah juga memiliki manfaat lain, yaitu berkhasiat sebagai obat. Tanaman ini dapat tumbuh di datarn rendah hingga dataran tinggi, yaitu di ketinggian 1 sampai 1700 meter di atas permukaan laut.

Daun nusa indah bisa diolah sebagai obat, baik dalam keadaan segar atau dikeringkan, bisa digunakan untuk pemakaian luar atau pemakaian dalam. Khasiat tanaman nusa indah adalah untuk mengobati demam, batuk, influenza, radang saluran nafas, radang amandel, radang tenggorokan, radang usus, diare, disentri, keracunan makanan, bisul, koreng, luka, air kemih keluar sedikit, radang ginjal, dan pendarahan kandungan pada wanita.

Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi nusa indah :


Klasifikasi Bunga Nusa Indah

Apa klasifikasi ilmiah bunga nusa indah ?


Nama ilmiah nusa indah atau nama latin nusa indah adalah Mussaenda frondosa. Klasifikasi tumbuhan nusa indah adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Gentianales Juss. ex Bercht. & J.Presl
FAMILI : Rubiaceae Juss.
GENUS : Mussaenda Burm. ex L.
SPESIES : Mussaenda frondosa

Tabel : klasifikasi nusa indah


Morfologi Tanaman Nusa Indah

Apa ciri ciri morfologi nusa indah / ciri ciri tumbuhan nusa indah ?


Ciri khusus nusa indah / ciri khas nusa indah & struktur morfologi nusa indah yaitu :

Morfologi Akar Nusa Indah

Akar dari tanaman bunga nusa indah adalah rakar serabut dan berwarna putih kekuningan.

Morfologi Batang Nusa Indah

Tanaman bunga nusa indah memiliki batang yang tingginya bisa mencapai sekitar 2 sampai 5 meter. Batangnya sendiri berbentuk bulat dan memiliki percabangan yang rapat. Permukaan batang tanaman nusa indah kasar, dan berwarna cokelat.

Morfologi Daun Indah

Tanaman bunga nusa indah mempunyai daun tunggal, yang letaknya saling berhadap-hadapan, tangkai daun berbentuk bulat, dan permukaan daun berbulu. Panjang tangkai daunnya sekitar 1 hingga 3 cm dan warna daun hijau kemerahan.

Daun nusa indah berbentuk oval atau lonjong, ujung dan pangkal daun meruncing, bagian tepi merata, pertulangan daun menyirip dan ukuran panjang daun sekitar 8 sampai 15 cm dengan lebar 4 lebar 8 cm.

Morfologi Bunga Nusa Indah

Tanaman bunga nusa indah merupakan bunga hermaprodit (bunga banci) mempunyai susunan bunga majemuk yang terletak di ujung cabang atau batang dengan bentuk malai. Kelopaknya semu dan berbentuk oval serta berukuran seperti daun.

Dasar mahkota berbentuk tabung, ujung lepas, berjumlah 4 helai, berwarna oranye dan permukaannya berbulu. Bunga nusa indah ini memiliki simetri bunga yang asimetris. Tanaman nusa indah mempunyai biji tunggang yang berwarna kuning kecoklatan. Bijinya berbentuk lanset, berukuran kecil, dan berwarna coklat.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan nusa indah secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman nusa indah ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman nilam :)