KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI BUNGA SOKA

Artikel tentang tanaman bunga soka ini akan menjelaskan ciri ciri bunga soka lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman soka (klasifikasi dan deskripsi bunga soka).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Soka

Tanaman soka adalah tanaman hias yang banyak digemari karena karakteristik morfologinya yang unik dan jenisnya bermacam macam. Tanaman soka ada yang berasal dari Indonesia yaitu Ixora javanica atau soka Jawa, dan ada yang berasal dari luar negeri seperti Tiongkok dan India.

Tanaman soka digemari karena organ bunganya yang memancar, berbentuk seperti kembang api. Sekarang, karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang pertanian, sudah muncul berbagai jenis tanaman soka hibidra yang memiliki warna warna bunga menarik dan beragam. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi soka :


Klasifikasi Tanaman Soka

Apa klasifikasi ilmiah asoka ?


Nama ilmiah bunga asoka atau nama latin tumbuhan soka adalah Ixora acuminata Roxb. Klasifikasi tumbuhan soka adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Rubiaceae
GENUS : Ixora L
SPESIES : Ixora acuminata Roxb

Tabel : klasifikasi kembang soka


Morfologi Tanaman Soka

Apa ciri ciri morfologi soka / ciri ciri tumbuhan soka ?


Ciri khusus bunga soka / ciri khas soka & struktur morfologi soka yaitu :

Morfologi Akar Soka

Tanaman soka memiliki sistem perakaran yaitu akar tunggang dan warnanya kecokelatan.

Morfologi Batang Soka

Tanaman soka mempunyai batang yang berdiri tegak dengan pohon berkayu bulat. Tanaman soka ini memiliki sistem percabangan simpodial. Pangkal batang asoka bisa mencapai 40 cm diameternya. Batang tanaman asoka berwarna gelap dan terkadang terdapat bercak di batang, cabang, dan ranting.

Morfologi Daun Soka

Tanaman soka memiliki daun yang tidak lengkap karena hanya mempunyai tangkai daun dan helaian daun saja. Bentuk daun soka lonjong dan ukurannya bisa mencapai 25 cm dengan lebar 10 cm.

Daun soka adalah daun majemuk yang menyirip dengan anak daun yang berpasang-pasangan. Tangkai daunnya berukuran sekitar 1 sampai 2 cm. Biasanya daun soka berwarna hijau dan coklat pada bagian yang dekat dengan batang.

Helaian daunnya berbentuk jorong, ujung daunnya meruncing, dan pangkal daun yang juga meruncing. Bagian tepi daun soka mempunyai bentuk yang merata, pertulangan daunnya menyirip (seperti sirip ikan) dan daging daun berbentuk seperti kertas.

Permukaan daun soka terasa halus dan mengkilat atau suram, serta warna daunnya hijau muda sampai hijau tua. Daun soka akan gugur bila suhu lingkungan sekitarnya terlalu dingin.

Morfologi Bunga Soka

Tanaman soka mempunyai bunga yang bersifat majemuk dan berkelamin dua serta bergerombol. Kelopak bunga berbentuk seperti corong, benang sari berjumlah empat dan kepala sari menempel paada bagian mahkota bunga. Bunga soka memiliki warna yang bermacam mulai dari merah muda, merah terang sampai jingga.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan soka secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman soka ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi sagu :)